Mon12112017

Last update04:29:21 AM GMT

alt

Sepenggal Cerita Gadis di Uang Lima Ribu Rupiah

alt

JAKARTA - Saat berumur 17 tahun, Natasha Annestessya  biasa disapa Ceci, adalah gadis yang menjadi model pengrajin tenun Pandai Sikek. Gambar seorang gadis sedang menenun yang kerap dilihat dalam uang pecahan Rp 5.000. Kini, Ceci menetap California, Amerika Serikat  dan sudah tak lagi meminta uang ke ibunya untuk membayar kuliah, Rabu (26/12/2013).

Konsumsi Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Otak

alt

(PIL KB)

PELITA POS– Penggunaan pil kontrasepsi hormonal ternyata bisa meningkatkan kanker otak langka yang disebut glioma. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan di Denmark.

“Wanita di bawah 50 tahun yang mengalami glioma 90 persen telah menggunakan pil kontrasepsi hormonal selama lima tahun atau lebih. Itu jika dibandingkan dengan wanita dari populasi umum yang tanpa riwayat tumor otak,” kata pemimpin studi Dr. David Gaist, seperti dilansir laman Health, Rabu (11/2).

Gaist menambahkan, saat ini, lima dari 100 ribu perempuan rawan terkena glioma setiap tahun. Mereka ialah perempuan berusia 15-49 tahun. Hal itulah yang membuat glioma memang jarang ditemukan.

Dalam studi tersebut, Gaist meneliti perempuan Denmark berusia antara 15-49 tahun yang telah terkena glioma antara tahun 2000-2009. Hasilnya, terdapat sebanyak 317 kasus glioma. Sebanyak 60 persen di antaranya menggunakan pil kontrasepsi pada rentang yang sama.

fny/jpnn)

Denda Rp14 M,Karena Curi Photo Di Twitter

PELITAPOS,-Hati-hati jika melakukan sesuatu tindakan di dunia maya, Anda bisa menjadi korban yang dirugikan atau juga bisa menjadi orang yang diuntungkan. Seperti fotografer lepas Daniel Morel contohnya, ia mendapat uang sebesar USD1,2 juta atau sekira Rp14 miliar (kurs Rp11.722 per USD) gara-gara Twitter.

Daftar Sayuran yang Lebih Bergizi Jika Dimasak

alt

Pelita Pos.Com- Walau sayuran dalam bentuk segar dianggap sebagian orang lebih sehat, tapi ada beberapa jenis sayuran yang kadar nutrisinya meningkat setelah ia dimasak.

"Dulu orang menganggap memasak bisa menurunkan kadar nutrisi dalam sayuran jika dibandingkan dengan yang segar. Tapi hal itu tak selalu benar," kata Rui Hai Liu, profesor ilmu makanan di Cornell University.

Ia menjelaskan, banyak nutrisi dalam sayur dan buah yang terikat di dinding sel. "Proses memasak membantu melepaskannya, sehingga nutrisi itu lebih gampang diserap tubuh," kata profesor yang meneliti tentang efek panas pada makanan ini.

Berikut adalah beberapa sayuran yang sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi.

- Tomat
Apakah itu dipanggang, goreng, atau ditumbuh halus menjadi saus spageti, proses pemanasakan akan meningkatkan fitokimia dalam tomat, yakni likopen. Zat ini terbukti bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Likopen adalah zat yang memberi warna merah pada tomat.

Menurut penelitian yang dilakukan Liu tahun 2002, pemanasan tomat selama 30 menit di suhu 80 derajat celcius akan meningkatkan level penyerapan likopen sampai 35 persen. Walau pemasakan akan menurunkan kadar vitamin C, tapi bisa meningkatkan kemampuan antioksidannya sampai 62 persen.

- Bayam
Sayuran berdaun hijau ini sangat kaya nutrisi, tetapi tubuh kita akan menyerap lebih banyak kalsium dan zat besi di dalamnya jika bayam sudah dimasak. Ini karena bayam mengandung asam oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi dan kalsium tetapi akan dipecah di bawah suhu tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, merebus bayam di air mendidih lalu menyiraminya dengan air dingin bisa menurunkan kadar oksalat sampai 40 persen.

- Wortel
Proses pemasakan akan memunculkan karotenoid, zat pelawan kanker, di dalam wortel. Studi tahun 2008 menunjukkan bahwa merebus wortel sampai agak lembek akan meningkatkan konsentrasi karotenoid sampai 14 persen. Sementara itu menggorengnya bisa menurunkan kadar karotenoid sekitar 13 persen.

- Asparagus
Studi tahun 2009 menyebutkan, memasak akan meningkatkan level 6 nutrisi penting di dalam asparagus sampai 16 persen. Salah satu dari zat tersebut adalah asam phenolic yang bisa menurunkan risiko kanker.

- Jamur
Secangkir jamur yang dimasak memiliki kandungan niacin, potasium, magnesium, zinc, dua kali lipat dibanding versi mentahnya. Selain itu, terkadang jamur mentah bisa mengandung sedikit racun sehingga memang perlu dimasak.

(kmps/Lusia Kus Anna)

 

alt

alt

alt