Mon12112017

Last update04:29:21 AM GMT

alt

SKPD Tak Punya Nyali..Rp200 Miliar Anggaran Pembangunan Sergai Parkir di Bank

alt

Sumut (Pelitapos)Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu)  Baginda Polin Lumban Gaol SH MH mengimbau pemerintah daerah tidak ragu-ragu dan tidak perlu takut untuk menggunakan anggaran pembangunan yang ada.



"Kejaksaan lewat Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan (TP4) akan mendampingi setiap kepala daerah yang akan melaksanakan program pembangunan di setiap tingkatan baik pusat, daerah tingkat I dan daerah tingkat II," ungkapnya pada sosialisasi pendidikan hukum bagi SKPD, pegawai inspektorat, pendidikan, tenaga pendidikan di lingkungan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Senin (8/8) di Aula Sultan Serdang komplek Kantor Bupati Sergai.

TP4 ini, lanjutnya, dibentuk berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI No 152 tahun 2015 tanggal 1 Oktober 2015  dilatarbelakangi adanya kekhawatiran pejabat daerah karena banyak yang tersandung masalah hukum terutama dalam melaksanakan proyek pemerintah sehingga berakibat rendahnya penyerapan anggaran. "Jadikan TP4 ini sebagai wadah untuk berkonsultasi dalam melaksanakan kegiatan proyek sebelum hingga selesai dikerjakan," ujarnya.  

Sementara, Aspidsus Kejatisu Dr Asep M Mulaya dalam paparannya berjudul 'Diskresi dalam perspektif hukum administrasi dan tindak pidana korupsi' mengungkapkan, ada fenomena rendahnya penyerapan anggaran, padahal dana yang 'parkir' di daerah cukup banyak. Dari data yang ada, jelasnya, di tingkat nasional terdapat Rp 240 triliun dana yang terparkir di bank pemerintah dan swasta yang belum dimanfaatkan. Di Pemprovsu terdapat Rp 10,45 triliun dan di Sergai ada sekitar Rp 200 miliar. "Inilah akibat rasa ketakutannya pejabat menggunakan anggaran pembangunan," ujarnya.

Sosialisasi yang turut dihadiri Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs H Haris Fadillah MSi, Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik, Sekretaris Diknas Drs Janter Siregar MM, Kajari Sergai Erwin Panjaitan SH, Kasi Intel III Kejatisu Marcos Simaremare, Kasi Penyidikan Pidsus Ikwan Ginting dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman ditandai dengan penyerahan cendera mata dan buku oleh Bupati Sergai kepada Wakajatisu dan Aspidsus.  
Pada kesempatan itu, Bupati Soekirman menyampaikan apresiasi atas kehadiran Wakajatisu guna memberikan pengetahuan tentang perlindungan hukum bagi seluruh ASN di daerah ini. TP4D diharapkan dapat menjadi mitra dan bersinergi yang baik dengan pemerintah daerah dalam memperlancar realisasi dan serapan anggaran pemerintah. Sebab, ujarnya, serapan anggaran sangat menentukan perkembangan pembangunan di satu daerah. (r)

 

alt

alt

alt