Mon12112017

Last update04:29:21 AM GMT

alt

OPINI

5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

alt

PELITAPOS.com — Kehabisan kuota layanan internet bisa menakutkan bagi sebagian orang. Ketika kuota internet habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun putus. 

Anda tidak bisa mengirim pesan melalui WhatsApp, menelepon via Line, atau mengecektimeline media sosial kawan.

Tanpa koneksi data, hiburan digital pun tak bisa dinikmati. YouTube, online game denganmultiplayer, dan streaming musik tak bisa dilakukan. Smartphone seolah lumpuh total.

Beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited untuk mengatasi masalah kuota ini, tetapi tentu saja memiliki keterbatasan. Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi akan jadi sangat lambat.

Agar tidak terjebak masalah kuota internet, Anda sebaiknya merencanakan pemakaian data pada smartphone. Misalnya dengan memperhatikan, seperti apakah gaya pemakaian yang sangat berpengaruh pada besaran konsumsi data. 

Berikut ini lima hal yang bisa membuat kuota internet Anda cepat habis,seperti dilansir KompasTekno dari Cnet, Minggu (11/1/2015).

1. Unggah ke YouTube

Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Namun, semua ini tergantung pada setting yang diterapkan pengguna dan berbagai faktor lain. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit.

Bayangkan bila setiap bulan Anda mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan. Karena itu, ada baiknya Anda menggunakan koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video seperti ini.

2. Obrolan video

Melakukan obrolan video via Skype atau FaceTime tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan.

Obrolan melalui video, umumnya, mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Jika Anda berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi obrolan menggunakan video.

3. Online game 

Game, seperti Two Dots atau Words With Friend, tidak memakan banyak kuota internet. Kedua game ini hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros. 

Namun, game jenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackoutberbeda. Dua game yang disebut belakangan diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data.

4. Streaming musik

Layanan streaming musik, seperti Guvera atau Rdio, memang sangat praktis. Anda bisa mendengarkan musik di mana pun asalkan ada koneksi internet. Anda juga tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpan file musik tersebut dalam kartu memori.

Namun, sisi lainnya, konsumsi data membengkak. Bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda sudah menghabiskan 115 MB.

5. Streaming video

Saat ini, ada berbagai layanan streaming video yang memudahkan orang menemukantrailer film terbaru, film utuh, atau sekadar video klip penyanyi favorit. Sebut saja YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu.

Hanya satu hal yang tidak boleh Anda lupa: streaming video merupakan penyerap paling "kejam" terhadap kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

Bila kuota internet yang Anda pilih terbatas, dan Anda terbiasa menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, lebih baik simpan file video secara offline.

Sumber: CNET/kompas 
Editor: Reza Wahyudi

Cara Membersihkan Paru-paru Dalam 72 Jam

alt

Pelita Pos.Com- Beberapa orang memiliki masalah paru-paru meskipun mereka tidak pernah menyalakan rokok sekali pun dalam hidup mereka. Namun ada juga dari Anda yang telah merokok selama 40 tahun, namun malah paru-paru mereka bekerja baik-baik saja. Semua ini tergantung pada organisme seseorang.

Namun, ini ada saran tentang cara untuk membersihkan paru-paru Anda dalam tiga hari.

Sebelum Anda memulai proses detoksifikasi, Anda harus "membuang" semua produk susu Karena tubuh Anda membutuhkan untuk menyingkirkan racun dari produk susu.

Hari pertama minum secangkir teh herbal sebelum tidur. Ini akan melepaskan racun dalam usus yang dapat menyebabkan sembelit. Paru-paru tidak boleh kelebihan beban dengan sulit, pekerjaan bagian lain dari tubuh selama pemurnian.

Peras 2 lemon dalam 300 ml air sebelum sarapan. Minum 300 ml jus jeruk. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa menggantinya dengan jus nanas. Jus alami Mengandung antioksidan yang meningkatkan sistem pernapasan.

Minum 300 ml jus wortel antara sarapan dan makan siang. Jus ini akan membantu Anda untuk mengalkalize darah Anda selama tiga hari pembersihan.

Selama waktu makan siang Anda harus minum 400 ml jus kaya akan kalium. Kalium bertindak sebagai tonik pembersihan. Sebelum tidur membuat 400 ml jus cranberry, yang yang akan membantu dalam memerangi bakteri di paru-paru yang dapat menyebabkan infeksi.

Perawatan tubuh dan latihan

Mandilah selama 20 menit dengan air panas setiap hari akan memungkinkan tubuh melalui keringat kehilangan lebih banyak racun.

Masukan 5 sampai 10 tetes eucalyptus dalam mangkuk air panas. Letakkan wajah Anda di atas mangkuk dan tutup dengan handuk. Hirup uap sampai air mendingin. Lakukan ini selama 3 hari atau 72 jam.

(feelhealthylife.com/muhammad tazli.tbn)

 

Mahkamah Malaysia Larang Koran Katolik Gunakan Kata Allah

 

alt

Malaysia,Pelita Pos.com– Mahkamah Agung Malaysia menolak upaya banding Gereja Katolik terkait penggunaan kata ‘Allah’ pada surat kabar Katolik, the Herald. Putusan ini mengakhiri pertarungan hukum selama lima tahun tentang penggunaan kata ‘Allah’. Pengadilan Federal kembali menegaskan bahwa pelarangan penggunaan kata 'Allah' bagi umat Kristen dan Katolik merupakan keputusan yang benar Lima orang hakim secara bulat menjatuhkan putusan itu dengan dasar, tidak terjadi ketidakadilan prosedur dalam putusan sebelumnya, demikian kutip BBC.

Kasus mengenai penggunaan kata ‘Allah’ bermula ketika Kementerian Dalam Negeri Malaysia melarang surat kabar Katolik berbahasa Melayu, the Herald, menggunakan kata ‘Allah’ yang merujuk Tuhan pada 2007 silam.

Pada 2009, Pengadilan Tinggi memutuskan umat Kristen dan Katolik berhak menggunakan kata tersebut tatkala merujuk Tuhan.
Setelah keputusan diumumkan sejumlah kerusuhan berupa pembakaran dan vandalisme terhadap rumah ibadat kaum Kristen. Namun tak dilaporkan adanya korban jiwa atau luka.

Pada 2013, Pengadilan Rendah kembali mengubah putusan tersebut sehingga umat Kristen dan Katolik kembali tidak diperbolehkan menggunakan kata ‘Allah’.

Tahun lalu, Pengadilan Federal kembali menegaskan bahwa pelarangan penggunaan kata ‘Allah’ bagi umat Kristen dan Katolik merupakan keputusan yang benar.

Kata ‘Allah’

Kaum Kristen di Malaysia—juga di Indonesia—menggunakan kata ‘Allah’ untuk menggambarkan Tuhan.

Putusan Mahkamah hanya terkait penggunaan kata ‘Allah’ pada surat kabar the Herald dan tidak berlaku untuk kebaktian, misa, maupun Injil yang beredar di seantero negeri.

Para pemimpin gereja cemas bahwa putusan Mahkamah Agung bisa diikuti oleh pembatasan-pembatasan lain.

“Ini hanya permulaan,” kata Romo Lawrence Andrew, redaktur surat kabar the Herald yang memimpin perjuangan kaum Katolik Malaysia itu, seperti dikutip kantor berita AFP.

“Saya tak akan terkejut jika selanjutnya mereka akan (memberlakukan larangan lain) dan mengatakan ‘jangan menggunakan kata (Allah) itu dalam kebaktian-kebaktian kalian’.”

The Herald tak lagi menggunakan kata ‘Allah’ menyusul larangan pemerintah tahun 2007, yang memicu pertarungan hukum.*

 

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar/hidayahtullah

BERDAQWAH DENGAN MEDIA

 

 

Merangkai kata secara kreatif demi kemaslahatan ummat (baca: dakwah tertulis) membuat jantung kembang kempis. Betapa tidak, belum lagi menulis, ucapan Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam Al Fawaid halaman 192 sudah mengancam sampai relung hati yang paling dalam.

“Sesungguhnya ada manusia yang memiliki daya ungkap yang baik, maka barangsiapa ucapannya sesuai dengan perbuatannya, orang itu telah menemui nasib baiknya. Dan barangsiapa ucapannya bertentangan dengan perbuatannya, maka sesungguhnya dia telah mencederai dirinya sendiri.”

Astaghfirullah… Kalimat pertama memang manis. Tapi menyelami kalimat berikutnya, tak membuat diri merasa selamat dari tenggelam dalam lautan isak tangis.
Apa sebab? Ya, karena takut. Takut untuk menuliskan sesuatu yang diserukan namun tidak diamalkan.

Padahal Allah subhanahu wata’ala juga telah mengancam penyeru yang miskin dalam amalan pada Qur’an Surat Ash Shaf ayat 3.

كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ

“Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”

Namun, alhamdulillah di dalam Islam ada khauf ada roja’. Itu berarti selain ada rasa takut (melakukan salah), juga ada rasa (penuh) harap. Takut salah itu baik, tapi menyeimbangkannya dengan semangat mengharapkan kebaikan bagi ummat, jauh lebih baik.

Maka menuliskan kebaikan tentu lebih maslahat daripada urung menulis karena takut salah atau takut tidak ada yang membaca. Ya… sebagai pelipur lara, rupanya ayat berikut harus dicamkan dalam diri.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. At Taubah:105)

Terlebih menulis kreatif untuk berdakwah tentu bernilai ibadah. Asal sarat dan ketentuan yang berlaku dapat kita penuhi.

Kalau kita telisik Kaidah Ushul Fiqih, “Dalam urusan mu’amalat, segala sesuatu itu boleh; kecuali ada dalil yang mengharamkannya.” Sementara, “Dalam urusan ubudiyah, segala sesuatu itu haram; sampai ada dalil yang memerintahkannya.”

Dengan demikian, perintah berdakwah hukumnya wajib. Terkait cara menyampaikannya, secara umum Allah ta’ala telah memerintahkannya dalam Qur’an Surat An Nahl ayat 125.

دْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Maasyaa Allah, dari ketakutan, Allah berikan petunjuk untuk menggapai harapan. Untuk berdakwah, Allah mutlakkan perintah, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-Mu.” Ini berarti menyeru hanya ke jalan Allah saja.

Namun terkait ufuk mana yang harus diliputi, maka apa saja rupa seruan dakwah menuju keridhoan Allah, baik berupa anjuran dan ajakan untuk berakhlak utama dan mulia, serta menerapkan syariat dalam diri, keluarga dan masyarakat, itu termasuk ke dalamnya.

Sedangkan secara tersurat, dalam Ad Da’wah Al Islamiyyah Baina Al Fardoyah wa Al Jamaiyah, Sulaiman Marzuq memaparkan tiga pola teknis dakwah yang Allah ajarkan kepada kita dari ayat tersebut di atas yakni, (1) dengan hikmah, (2) dengan pelajaran yang baik, dan (3) dengan bantahan yang baik (santun).

Hal itu juga dijabarkan Sayyid Quthb dalam Fi Zhilalil Qur’an Bab 4 halaman 2198,
“Sesungguhnya dakwah kepada jalan Allah itu, bukanlah hanya pada pribadi dan bukan hanya pada kaumnya saja. Dakwah haruslah dilakukan dengan penuh hikmah, dan hendaknya senantiasa melihat pada kondisi orang yang diajak dan kemampuan mereka, dijelaskan dengan bertahap sehingga tidak memberatkan mereka dan mereka tidak merasa berat dengan tugas dan kewajiban-kewajiban, sebelum mereka siap secara psikologis. Sedangkan cara yang mereka lakukan hendaknya dilakukan sesuai dengan tuntutan yang diharapkan. Maka janganlah dakwah itu dilakukan dengan cara yang terlalu agresif serta terlalu bergairah, sehingga melampaui batas hikmah secara keseluruhan.”

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa,

“Dan dakwah hendaklah disampaikan dengan nasihat yang baik yang meresap ke dalam kalbu dengan halus, dan menyentuh perasaan dengan lembut, dan bukan dengan kekerasan dan kekakuan yang bukan pada tempatnya. Jangan pula dengan menelanjangi kesalahan yang mungkin saja terjadi karena kebodohan atau karena adanya niat baik (tetapi caranya keliru, red.). Sebab nasihat-nasihat yang baik sering kali membawa hati-hati yang terlantar pada hidayah Allah, dan menaklukan hati yang terpencar-pencar. Dia jauh lebih baik manfaatnya daripada dengan cara mengancam, menghina, dan merendahkan.”

Sementara makna “bantahan dengan baik” dijelaskan beliau sebagai,

“…tanpa ucapan berlebihan, tanpa harus diselingi dengan penghinaan dan pelecehan, sehingga seorang dai merasa tenang dan merasa bahwa tujuan dakwahnya bukan menang dalam perdebatan, namun membuat orang itu puas (akalanya) dan sampai pada kebenaran.”

Allahu akbar, selain memberikan tugas dakwah, Allah subhanahu wata’ala juga menyertakan petunjuk teknis menjalankannya. Adapun sarana dakwahnya, karya tertulis bukanlah satu-satunya cara menyampaikan pesan-pesan Ilahi. Media cetak, sarana audio, juga media audio-visual, bahkan media digital yang kini kian canggih pun dapat menjadi fasilitas mensyi’arkan Kalamullah.

Selama semua bentuk dakwah disajikan tidak bertentangan dengan akidah yang shahih, keimanan yang menghunjam, akhlak yang mulia, contoh yang baik, adab dan tradisi yang menjadikan kita bangga dengan Al Islam, maka kita turut memenangkan Diin yang Haq ini seperti yang diemban Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.

Semoga kiprah kita dalam dakwah kreatif dapat menghilangkan dahaga Ummat Islam atas metode-metode yang berbuah kebosanan dan menjauhkan masyarakat dari kebenaran. Aamiin. (oleh Raihana)

Komputer Ukuran Flashdisk Bisa Jalankan Windows 8.1

alt

PELITAPOS.com - Intel mengumumkan Compute Stick, sebuah komputer berukuran flashdisk yang diperkenalkan oleh Intelsebuah komputer yang unik. Komputer ini mungil, hanya sebesar perangkat penyimpan data, USB flashdisk. Penggunanya bisa menjalankan sistem operasi Windows 8.1 sepenuhnya, seperti halnya pada komputer desktop.

Cukup menempelkannya pada slot HDMI sebuah monitor atau TV, komputer tersebut dapat beroperasi layaknya komputer desktop. Komputer ini pun dibekali konektivitas Bluetooth serta WiFi untuk terhubung ke internet.

Ukuran mungil tersebut dapat terwujud berkat teknologi prosesor mobile Intel. Kinerjanya memang hanya setingkat tablet. Namun, ukuran yang sekecil flashdisk membuatnya sangat mudah dibawa ke manapun. Penggunanya jadi bisa mengubah TV atau monitor menjadi PC, selama memiliki port HDMI.

Dapur pacu di Compute Stick, seperti KompasTekno kutip dari ZDNet, Kamis (8/1/2015), berupa prosesor Intel Atom Z3735F Bay Trail. Sementara, spesifikasi lainnya dibuat menyesuaikan sistem operasi yang diadopsi.

Compute Stick dengan sistem operasi Windows 8.1 dibekali dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Sedangkan pengadopsi sistem operasi Linux dibekali RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Pengadopsi Linux menggunakan RAM yang lebih kecil karena keperluan pengoperasiannya  tidak sebesar Windows.

Komputer yang dipamerkan di Concumer Electronic Show (CES) 2015 ini juga memiliki slot MicroSD. Pengguna bisa memanfaatkan slot ini bila merasa memori internal yang disediakan sudah tidak cukup.

Sayangnya, komputer mungil ini tidak dapat mengisi daya via port HDMI. Pengisian daya cuma bisa dilakukan via micro-USB, harus dicopot dan dengan charger terpisah.

Compute Stick rencananya akan mulai dijual pada Maret 2015. Versi Windows-nya dibanderol seharga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta dan versi Linux dibanderol 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Sumber: ZDNet
Editor: Reza Wahyudi

Yang Terjadi Pada Mi Instan di Perut Kita

alt

(Istimewa/SP)

Amerika Serikat,Pelita Pos.C0– Mi instan terbilang makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat terutama bagi mahasiswa. Meski banyak yang mengetahui jika mi instan bukan makanan yang sehat, tak sedikit orang yang tetap kerap melahapnya.

Namun, apakah Anda tahu seperti apa kondisi perut setelah makan mi instan? Dr Mercola dari Amerika Serikat telah melakukan uji coba yaitu dengan menggunakan kamera sebesar pil untuk melihat apa yang terjadi di dalam perut dan saluran pencernaan setelah makan mi instan. Hasilnya sangat mencengangkan.

Dalam video tersebut, sangat jelas terlihat jika mi instan ada di dalam perut. Kondisinya masih sangat utuh bahkan setelah 2 jam. Berbeda jika dibandingkan dengan mi ramen buatan sendiri. Namun hal ini menyangkut untuk sejumlah alasan.

Mi instan memberikan beban pada sistem pencernaan Anda yang dipaksa bekerja berjam-jam untuk memecahnya. Ironisnya, mi instan tidak mengandung serat sehingga akan sangat sulit dipecah.

Ketika mi instan berada dalam saluran pencernaan dalam waktu lama, ini akan berdampak pada penyerapan nutrisi, namun tak ada banyak nutrisi yang ada di dalam mi ramen. Sebaliknya, ada zat adiktif atau pengawet beracun tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ).

Zat adiktif ini mungkin akan tetap berada di perut bersama dengan mi yang Anda makan.

Perempuan yang makan mi instan lebih dari dua kali dalam seminggu berisiko 68 persen lebih memiliki sindrom metabolik, yakni sekelompok gejala seperti obesitas sentral, tekanan darah tinggi, peningkatan gula darah, dan rendahnya tingkat kolesterol HDL.

Memang benar, makan mi instan tidak akan membunuh Anda. Namun jika Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan cepat saji, ini hanya masalah waktu sebelum gangguan kesehatan benar-benar berkembang.

Mi instan adalah contoh utama dari jenis makanan olahan yang harus Anda hindari sejauh mungkin. sebab makanan instan dijamin membuat Anda sakit jika Anda makan terlalu banyak.

(Ningtriasih,sp/Mercola.com)

28 Singkatan Gaul di Internet yang Wajib Diwaspadai Orangtua

alt

Pelitapos,-Sejumlah singkatan Bahasa Inggris 'gaul' seringkali ditemukan di internet, di forum-forum, chatting, ataupun artikel. Misalnya LOL, akronim yang biasanya merujuk pada "laugh out loud" alias tertawa terbahak-bahak atau ngakak.

Read more:

Teh Bisa Cegah Osteoporosis

alt

(Illustrasi/charisma)

Tokyo,Pelita Pos - Teh tak hanya merupakan minuman favorit bagi banyak orang untuk melewatkan sore yang indah, tapi juga “sahabat” bagi tulang. Para peneliti di Jepang mengatakan teh hitam bisa membantu mengobati osteoporosis, suatu kondisi yang mempengaruhi tulang lansia.

Para ilmuwan mengatakan minuman ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah hilangnya kepadatan tulang yang sering dijumpai pada usia tua. Hilangnya kepadatan tulang ini membuat orang tua lebih rentan patah tulang.

Para peneliti yang dipimpin Keizo Nishikawa dari Universitas Osaka menemukan bahwa antioksidan theaflavin-3 (TF-3) dalam teh bekerja menghambat fungsi enzim yang disebut DNA methyltransferase. Kerja enzim ini diketahui dapat menghancurkan jaringan tulang.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada edisi online jurnal Nature Medicine ini ditemukan bahwa tikus yang menderita osteoporosis dan diberi TF-3 menunjukkan tingkat pemulihan volume tulang. Bahkan, dalam kondisi tertentu, kembali mirip dengan tikus yang sehat.

Namun jangan terburu-buru menjerang air untuk menyeduh teh karena pada manusia perlu dosis yang sangat tinggi agar benar-benar bermanfaat. Jiji Press melaporkan, menurut penelitian, untuk manusia dengan bobot 60 kilogram setidaknya harus minum 60 cangkir teh selama tiga hari untuk melihat perbedaan yang nyata. Osteoporosis terutama mempengaruhi perempuan usia senja dan merupakan masalah yang umum ditemui pada kalangan lansia.

AP | INDAH P.

4 Teknik Dasar Berkendara Irit BBM

alt

Pelitapos,-Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yang resmi naik sebesar Rp 2.000 membuat para pemilik kendaraan mencari cara agar konsumsi bensin mereka tak jebol.

Read more:

 

alt

alt

alt