Mon12112017

Last update04:29:21 AM GMT

alt

Manfaat Istirahat Yang Cukup Bagi Kesehatan

alt

 

 

Memiliki waktu istirahat yang cukup di malam hari tidak hanya membantu Anda menjadi segar kembali keesokan paginya.Penelitian terbaru mengungkap, tidur minimal 8 jam setiap malamnya memberi banyak peluang bagi Anda untuk hidup lebih sehat.


Seperti dilansir Huffingtonpost, belum lama ini para peneliti dari American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika—Red) beberapa waktu lalu mengumpulkan data dari 9.700 responden yang semuanya berasal dari Florida Selatan, AS.

Setiap responden itu diminta mengisi kuesioner yang berisikan sejumlah pertanyaan seputar gaya hidup mereka, seperti pola diet, kebiasaan merokok, tingkat aktivitas fisik, hingga durasi dan kualitas tidur mereka.

Responden dalam studi tersebut dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan lama waktu rata-rata yang mereka habiskan untuk tidur, yaitu kurang dari 6 jam, 6–7 jam, dan 8 jam atau lebih setiap malamnya.

Para peneliti kemudian membandingkan indeks massa tubuh (BMI), tekanan darah, kadar gula dalam darah, dan tingkat kolesterol dari tiap-tiap kelompok itu.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur minimal 8 jam setiap malam 1,6 kali lebih mungkin memiliki pola diet yang baik dan 1,7 kali lebih mungkin memiliki BMI yang ideal, dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. 

Tidak hanya itu, mereka yang tidur 8 jam setiap malam juga 1,3 kali lebih mungkin memiliki tekanan darah ideal dan 2,4 kali lebih mungkin mendapatkan aktivitas fisik yang cukup, dibandingkan dengan mereka yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam per malam.

Studi tersebut juga mencatat, mayoritas responden yang durasi tidur malamnya kurang dari 6 jam berasal dari kalangan perempuan dan tidak memiliki gelar sarjana.

Namun demikian, para peneliti menegaskan, hasil dari penelitian itu tidak membuktikan sebab dan akibat, tetapi hanya bersifat asosiatif. Maksudnya adalah, semakin kurang tidur tidak berarti selalu menyebabkan seseorang memiliki indeks kesehatan yang buruk.(Ro)

 

 

alt

alt

alt