Sat10212017

Last update03:01:01 PM GMT

alt

SUMATERA

Semarga sama Kadispenda..Gubsu Dinobatkan Jadi Marga Hasibuan dan Ketua Tim PKK Sumut Nasution

alt

Sibuhuan (Pelitapos)- Pada acara pengukuhan Dewan Pimpinan Pusat Parsadaan Hasibuan "Pahae Barumun Pahulu Sosa" di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, dinobatkan secara resmi bermarga Hasibuan dan ketua tim PKK Sumut jadi bermarga Nasution Minggu (28/8)


Sebelum acara pengukuhan Parsadaan Hasibuan yang juga turut dihadiri Wakil Bupati Padang Lawas Utara H Riskon Hasibuan dan Kadis Pendapatan Provinsi Sumatera Utara H Sarmadan Hasibuan, Kapolres Tapsel AKB Rony Samtana SIK MTCP, Dandim 0212 Tapnanuli Selatan Letkol Inf Septa, Ketua Umum Parsadaan Hasibuan Drs H. Irfan Soaduaon Hasibuan, pada acara penyambutan Gubernur Sumatera Utara  dan sebelum memasangkan topi bulang adat kepada Gubsu mengatakan bahwa penobatan marga H Tengku Erry Nuradi Hasibuan dan Evi Diana Nasution, itu adalah berdasarkan hasil sidang adat yang dihadiri seluruh ketua luat, bermarga Hasibuan  pada Sabtu (27/08).

Lebih lanjut, setelah dikukuhkan oleh Dewan Pembina Parsadaan Hasibuan Imran Joni Hasibuan bersama H Sutan Soduguron Hasibuan. Drs H Irfan Soaduaon Hasibuan sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat dan Sekretaris Syafaruddin Hasibuan SH, Bendahara H Luhut Hasibuan, bersama seluruh bidang pada pengurus Parsadaan Hasibuan,  periode 2016- 2019, Irfan mengungkapkan bahwa berdirinya wadah tersebut,  pada  31 Januari 2016 lalu dan itu merupakan gagasan dari para ketua luat dan anak boru bermarga Daulay, yang melihat selama ini, kurang kompaknya dan kurangnya jaringan silaturrahmi antara sesama marga Hasibuan di Kabupaten Padang Lawas. Dalam hal itu Irfan mengajak melalui wadah yang sudah terbentuk itu (Parsadaan Hasibuan) agar saling bahu membahu, bersama masayarakat Palas yang bermarga Daulay selaku anak boru juga Nasution sebagai mora dari Hasibuan.

Irfan juga mengatakan bahwa Parsadaan Hasibuan itu, tidak menutup marga lain untuk masuk bergabung di dalamnya, karna menurutnya sejak sekitar 600 tahun yang lalu, marga Hasibuan datang dari Toba ke wilayah TABAGSEL (Tapanuli Bagian Selatan) ini, selalu bersama dengan marga lain seperti marga Daulay selaku anak boru.

"Dari Toba aja dulu kita bawa anak boru marga Daulay, tentunya di saat ini pun kita terbuka untuk marga dan suku lainnya," jelas Irfan.

Sementara Bupati Palas H Ali Sutan Harahap yang juga hadir pada acara tersebut, mendukung atas berdirinya Parsadaan Hasibuan dan berpesan kepada seluruh pengurus Prasadaan Hasibuan untuk membantu sejumlah program Pemda, khususnya di bidang adat, juga kepada raja- raja luat Hasibuan agar terus saling berkordinasi dan bersinergi supaya perogram- program yang ada di Parsadaan Hasibuan dapat berjalan baik.

Sementara Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi Hasibuan MSi, mengucapkan terima kasih atas pemberian marga tersebut, sekarang sudah bermarga Nasution, dan mengatakan dengan terbentuknya Parsadaan Hasibuan diharapkan kepada seluruh pengurus, terus bersinergi dan tetap komitmen, dalam memajukan organisasi, juga menyampaikan pesan, agar pengurus Parsadaan Hasibuan tetap membina kemitraan dengan Pemkab Palas

 

alt

alt

alt