Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/pelitapo/public_html/administrator/.md5 on line 354

Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/pelitapo/public_html/libraries/loader.php:1) in /home/pelitapo/public_html/libraries/joomla/session/session.php on line 411

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/pelitapo/public_html/libraries/loader.php:1) in /home/pelitapo/public_html/libraries/joomla/session/session.php on line 411

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/pelitapo/public_html/libraries/loader.php:1) in /home/pelitapo/public_html/plugins/system/jat3/jat3/core/parameter.php on line 81
Jurnal Medan

Fri02232018

Last update04:03:16 AM GMT

alt

WALIKOTA MEDAN RAIH PENGHARGAAN PEKAN LINGKUNGAN HIDUP 2017

Medan (   PP )
        Pekan Lingkungan Hidup ditutup Kamis (14/12) dengan Kota Medan meraih sejumlah Penghargaan Lingkungan Hidup dalam Pekan Lingkungan Hidup 2017 Provinsi Sumatera Utara 2017 yang diterima di Tiara Convention Centre Medan, Selasa (12/12) malam.
        Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara DR. H T Erry Nuradi sebagai bentuk apresiasi kepada para penggiat lingkungan hidup yang selama ini telah berdedikasi dalam upaya pelestarian lingkungan di Sumatera Utara.
        Selain Kota Medan, beberapa daerah lainnya di Sumatera Utara juga turut menerima penghargaan, mulai dari Bupati/ Walikota, Perusahaan, Sekolah, Penggiat Bank Sampah, hingga Penyapu Jalan.
       Kota Medan meraih Penghargaan Terbaik Ke III Nirwasita Tantra Tahun 2016, Terbaik III Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Selain itu Kota Medan melalui beberapa Sekolahnya juga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017.
         Gubernur dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada para penggiat lingkungan hidup yang telah melakukan berbagai upaya demi pelestarian.
        "Siapapun sebenarnya bisa berperan nyata dalam aksi pelestarian lingkungan dan kita semua sesungguhnya punya tanggung jawab terhadap alam," kata Gubsu Erry Nuradi.
        Dia berharap melalui penghargaan yang diperoleh, semakin memberikan dorongan semangat untuk terus melakukan hal-hal positif dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
       Adapun yang meraih Penghargaan Pada Pekan Lingkungan Hidup 2017 yaitu 4 Kabupaten/Kota Peraih Kota Adipura, 184 Sekolah Peraih Adiwiyata sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi, 5 Perusahaan Peraih Proper Hijau Tahun 2016-2017, Penghargaan Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) Tingkat Provinsi, Penghargaan Penerima Kalpataru asal Sumut dan Penghargaan kepada Pekerja Kebersihan Penyapu Jalan.
        Pekan Lingkungan Hidup berlangsung selama 3 hari (12-14 Desember 2017) dengan rangkaian acara seminar lingkungan hidup, pameran lingkungan hidup, berbagai perlombaan, dan hiburan. (HS)
 
 
 

WALIKOTA MEDAN TERIMA KUNJUNGAN KERJA DPRK LHUKSEUMAWE

Medan,(PP)

             Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S, MSi diwakili Staf Ali Walikota Medan bidang Pemerintahan menerima kunjungan kerja Dewan Perwakila Rakyat Kota Lhukseumawe, Kamis (14/12 di Kantor Walikota Medan. Kunjungan DPRK Lhukseumawe berjumlah 15 orang dari komisi C dan komisi D yang dipimpin M.Hasbi,S.Sos,MSM.

            Jumlah anggota DPRK yang melakukan kunjungan kerja maupun studi banding dari komisi C dan komis D 15 orang, antara lain M Hasbi,S.Sos, Ardiansyah, T.Ayub, Roslina,S.Kom, H Taslim A. Rani, Jailani Usman, Dicky Saputra, Nurul Akbari ditambah dari  Sekretariat Dewan. Tujuan Kunjungan Kerja ini tidak lain untuk mengambil perbandingan dan belajar tentang bebrapa hal yang berhubungan dengan pelayanan public, peningkatan PAD, bidang kesehatan dan BPJS. Tutur Hasbi.

            Selanjutnya Hasbi menjelaskan sekilas tentag Kota Lhukseumawe, yaitu Kota Lhukmeumawe adalah sebuah kota di Provinsi Banda Aceh, Indonesia. Kota ini berada persis di tengah tengah jalur Timur Sumatera. Lhukseumawe  berada diantara Banda Aceh dan kota Medan, sehingga kota merupakan jalur vital distribusi dan perdagangan de Aceh.

            Sementara luas Lhukseumawe sekitar 181 Km persegi, jumlah penduduk 179 807

jiwa ( tahun 2013), dan 6 Kecamatan dan 68 Kampung.

            Walikota Medan dalam sambutannya yang dibacakan Sulaiman Harahap mengatakan ucapan selamat datang di Kota Medan rombongan DPRK Lhukseumawe yang melakukan studi banding dalam beberapa hal, antara lain system pemgnggalian sunber PAD dibidang retrebusi Perparkirandan, tentang BPJS,  penanganan pengaruh narkoba di Kota Medan.

            Dalam kaitan dengan kunjungan kerja ini, Sulaiman menjelaskan sekilas gambaran umum kota Medan yang juga sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara, yang luasnya 26510 hektar, terdiri dari 21 Kecamatan dengan 151 Kelurahan dan 2001 Kepala Lingkungan. Sedangkan jumlah penduduk kota Medan lebih kurang 2,4 juta jiwa dengan arus komuter sekitar 500 ribu, yang penduduknya berbagai etnis dan agama, namun hidup berdampingan dengan rukun dan damai.

            Selanjutnya dikatakan Sulaiman, Kota Medan salah satu pusat perekonomian regional. Kota Medan salah satu kota Metropolitan Baru di Indonesia, memiliki kedudukan , fungsi dan peranan strtegis sebagai pintu gerbang utama bagi kegiatan jasa dan perdagangan, keuangan secara regional / internasional di kawasan Barat Indonesia.

            Sementara Kota Medan mempunyai visi antara lain Kota Medan akan menjadi kota Masa Depan yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis, Sejahtera, dan Religius, dengan misisnya pertama menumbuhkan kembangkan  stabilitas, kemitraan, partisipasi dan kebersamaan dari seluruh kepentingan pembangunan kota, kedua Meningkatkan egesiensi melalui deregulasi dan debirokratisasi, ketiga Mengembangkan keperibadian masyarakat kota berdasrkan etika dan moralitas, keempat, Meningkatkan percepatan dan perluasan program penanggulangan kemiskinan, kelima, Meumbuhkembangkan harmonisasi , kerukunan, Solidaritas, Persatuan dan Kesatuan serta keutuhan social.” Ujar Sulaiman.  ( Y H )      

 
 
 

HUT DHARMA WANITA PERSATUAN KOTA MEDAN KE-18 TAHUN 2017 MERIAH

Medan ( PP )
         Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota (DWP) Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH merayakan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-18 Tahun 2017 bersama pengurus dan anggota DWP Kota Medan, Senin (11/12) di Gedung Serba Guna PKK Kota Medan.
        Ditandai dengan pemotongan tumpeng dan juga kue ulang tahun yang diiringi dengan lantunan lagu selamat ulang tahun yang dinyanyikan oleh seluruh anggota DWP Kota Medan.
        Hadir dalam perayaan tersebut Ketua DPC GOPTKI Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar Nasution, Ketua DWP Kota Medan, Ny. Khairul Syahnan, Ketua Panitia, Ny. Musaddad Nasution serta para istri PNS Kota Medan yang tergabung dalam DWP Kota Medan.
        Perayaan HUT DWP Kota Medan turut dimeriahkan dengan Lomba Fashion Show bertemakan Batik Medan yang diikuti oleh para peserta dari anggota DWP OPD dan Kecamatan se-Kota Medan.
         Mengambil tema "Pengembangan Kualitas Istri Aparatur Sipil Negara Menuju Ketahanan Keluarga", Penasehat, Rita Maharani berharap DWP bisa terus eksis dalam mendukung pembangunan Kota Medan, khususnya pembangunan karakter wanita yang tangguh dan kuat.
       "Sebagai istri PNS, peran DWP sangatlah strategis, selain menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami, wanita juga dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung program pemerintah," ungkap Rita Maharani yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Medan.
        Maka dari itu sambungnya kehadiran DWP di Kota Medan harus mampu memberi harapan besar bagi Pemko Medan untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
         Ketua DWP Kota Medan Ny. Khairul Syahnan ketika membacakan sambutan Ketua DWP pada HUT DWP Ke-18 Tahun 2017 mengatakan bahwa tema tahun ini menuntut istri PNS untuk meningkatkan kualitas diri dan selalu kritis dalam melihat isu-isu yang berkembang dalam masyarakat, sehingga kontribusi DWP menjadi semakin nyata.
        Sebelumnya Ketua Panitia menuturkan Kegiatan HUT DWP Kota Medan ini telah dimulai dari beberapa minggu lalu dengan melakukan anjangsana di 3 Panti Asuhan, yakni Panti Asuhan YPPI Kecamatan Medan Baru, Panti Asuhan Al Wasliyah Kecamatan Medan Sunggal, serta anak yatim di Kecamatan Medan Belawan.
        Diakhir acara, Dewan Juri mengumumkan para pemenang lomba Fashion Show Batik Medan dari kedua kategori yang diperlombakan. 
        Tampil sebagai pemenang Kategori Kecamatan, Indah Cindy Simamora (Kecamatan Medan Amplas) dan Peserta Pemenang dari Dinas Dukcapil pada Kategori OPD.
        Penasehat DWP Kota Medan Rita Maharani, yang menyerahkan langsung hadiah kepada para pemenang lomba Fashion Show, mengaku kagum dengan kreatifitas peserta lomba dalam memadupadankan Batik Medan dengan sentuhan-sentuhan fashion yang modern, enerjik, dan elegant. Dirinya berharap Batik Medan semakin dicintai dan menginspirasi orang banyak. (HS)

WAKIL WALIKOTA MEDAN RESMIKAN PEMAKAIAN RUMAH SAKIT HERMINA

Medan,(pp)

   Peningkatan derajat kesehatan kota Medan memang dalam pengupayaan yang maksimal oleh pemerintah kota Medan melalui Dinas Kesehatan berbagai program mulai dari pencegahan hingga pengobatan terus ditingkatkan derajat kersehatan masyarakat kota Medan. Ini disampaikan Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,MSi pada acara peresmian Rumah Sakit Hermina, Selasa (12/12) di  Rumah Sakit Herna jalan Asrama Medan.

            Acara peresmian Rumah Sakit dintadai dengan pemukulan gong, pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita oleh Wakil Walikota didampingi Direktur Utama PT Medikaloka Hermina dr Hasmoro, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg Usma Polita dan Diretktur Rumah Sakit Hermina dr Harry Yusmady.

            Selanjutnya kata Walikota, Sedikitnya 59 Rumah Sakit Umum dan 19 Rumah Sakit Khusus baik swasta maupun Pemerintah ditambah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kecamatan-Kecamatan se kota Medan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ini merupakan indakator kota Medan merupakan kota yang sehat.

            Namun di beberapa Rumah Sakit Umum ada juga yang minim fasilitas, tetapi saya berharap seluruh Rumah Sakit terus berkembang dan membangun secara mandiri ddemimelayani masyarakat yang sakit.” Ujar Wakil.

            Ir.Akhyar berharap dengan peresmian Rumah Sakit Hermina ini juga semakin aktif dalam dalam melaksanakan peran dan fungsinya, dan Rumah Sakit diharapkan dapat menolong pasien yang kurang mampu melalui program-program Jaminan Kesehatan Masyarakat.

            dr.Hasmoro selaku direktur menurut direktur Utama PT Medikaloka dalam laporannya mengatakan pembangunan Rumah Sakit ini dimulai bulan Desembar 2016 selesai bulan September 2017. Rumah Sakit ini berada diatas luas tanah enam ribu meter persegi. Bangunan yang sudah selesai yaitu besmen sebagai lokasi parkir diperkirakan dapat menampung 120 unit roda empat 119 roda dua. Bangunan pisik baru lantai tiga direncanakan sampai lantai empat. Mengenai administrasi perizinan Rumah Sakit telah selesai kepengurusannya  termasuk  amdalnya.”ucap Hasmoro. ( Y H )

Pemko Medan Dukung Program Penerapan LAPOR SP4N

Medan,(PP)

                 Pemko Medan mendukung pelaksana Program “Penguatan Penerapan LAPOR Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)” yang dilaksanakan oleh USAID Cegah  bekerjasama dengan TIM SP4N yang terdiri dari perwakilan Kementerian PAN & RB, Kantor Staf Kepresidenan, dan Ombudsman RI. Selain Pemko Medan, program ini juga dilaksanakan di 5 Kementerian dan 23 Pemerintah Daerah lainnya.   

                  Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Sekda Kota, Ir H Syaiful Bahri Lubis dengan Tim LAPOR SP4N dan USAID, Senin (11/12) di ruang khusus Sekda. Dalam pertemuan itu  Sekda turut didampingi  Kepala Bappeda Ir Wirya Alrahman MSi, Kadis Kominfo Medan Zain Noval SSTP MAP, Sekretaris Dinas Kominfo Mansursyah SSos MAP, dan Kabag Ortala Setkretariat Pemko Medan Drs Albon Sidauruk.

                Dukungan tertulis juga ditandangani oleh Sekda atas nama Pemko Medan melalui Surat No. 100/13653. Surat itu menjadi bukti komitmen dalam mendukung pelaksanaan program “Penguatan Penerapan LAPOR SP4N” di lingkungan Pemko Medan.

                Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu, Sekda mengapresiasi program yang memang memang merupakan kebutuhan di era keterbukaan saat ini. Dia juga mengungkapkan keyakinannya, program ini dapat membuat Medan menjadi lebih baik lagi.

               “Dengan memanfaatkan teknologi informasi ini, kita memang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mencegah terjadi penyimpangan di lapangan,” ucapnya seraya meminta kepada Kadis Kominfo Medan agar membantu Tim LAPOR SP4N untuk kelancaran pelaksanaan program tersebut. 

                Program ini mengacu kepada Peraturan Presiden No 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Pelaksanaannya berlangsung sampai Maret 2018. Pada tahap awal, Tim LAPOR SP4N bersama Bamdung Trust Advisory Group (B-Trust) melaksanakan Survey Baseline pada unit pengelola/pelaksana pengaduan pelayanan publik di lingkungan Pemko Medan.

                Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 tahun 2016 tentang Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara nasional ke dalam aplikasi LAPOR! S-P4N, setiap Pemerintahan Daerah wajib terintegrasi ke dalam aplikasi LAPOR SP4N. Pengelolaan pengaduan secara nasional merupakan integrasi pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.

                Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional atau SP4N dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangani. Salah satu tujuan SP4N ini agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.( Y H )