Mon06252018

Last update01:54:12 AM GMT

alt

Wali Kota Harapkan Masyarakat Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan

M edan (PP)

               Wali Kota Medan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sebab hal tersebut sesuai dengan ajaran islam dan sebagai bentuk dukungan terhadap program pembangunan Kota.

               Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Medan,Ir. Syaiful Bahri saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si dalam acara buka puasa bersama dengan masyarakat Medan Maimun yang digelar di depan Masjid Thoyibah, Jln. Multatuli, Rabu (30/5).

               Dalam acara buka puasa bersama yang bertajuk Safari Ramadhan ini Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Medan khususnya masyarakat Medan Maimun untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam mendukung program pembangunan kota. Dukungan itu dapat dilakukan dalam bentuk mensukseskan program pembangunan yang sedang dijalankan seperti menjaga kebersihan, menghidupkan kembali siskamling, dan memenuhi kewajiban membayar pajak maupun pembangunan prasaranan dan sarana lingkungan secara partisipatif.

               "Saya mengajak kita semua untuk saling bergotong royong membersihkan lingkungan kita, jangan hanya menunggu instruksi dari Camat, Lurah ataupun Kepling, mari kita berinisiatif menjaga kebersihan lingkungan kita."kata Sekda saat membaca sambutan Wali Kota.

               Selain itu, dalam kesempatan ini Sekda juga mengingatkan kepada para orang tua agar selalu waspada dan menjaga anak-anaknya dari bahaya pengaruh narkoba. Jangan sampai putra-putri kita terjerumus dalam pengaruh bahaya narkoba. 

               "Hal ini sangat berdampak besar tidak hanya kepada anak-anak kita, melainkan juga berdampak kepada Kota Medan,"ujar Wali Kota.

               Diakhir sambutan, Sekda kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa kurang dari sebulan lagi akan dilaksanakan Pilgubsu 2018, untuk itu Wali Kota mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara benar dan mengawal jalannya Pilkada agar berjalan dengan lancar.

               Selain buka puasa bersama, dalam kesempatan ini Pemko Medan juga memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim piatu dan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.40 juta untuk kemakmuran Masjid Thoyibah yang diserahkan langsung oleh Sekda Kota Medan.

               Selanjutnya, acara buka puasa bersama ini di isi dengan tausiah singkat yang dibawakan oleh Al-Ustad Drs.H. Syamsuddin Hasan, dan kemudian dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah.

Tampak hadir dalam buka puasa bersama ini, Camat, Lurah serta Kepling se-Kecamatan Medan Maimun, Pimpinan OPD, alim ulama dan tokoh masyarakat.  ( Y H )

 
 
 

 

Wakill Wali Kota Buka Puasa Bersama Warga Medan Barat di Masjid Al Muflihun

Medan (PP)

            Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si  berbuka puasa bersama warga Kecamatan Medan Barat, Selasa (29/5) di Masjid Al Muflihun, Kelurahan Glugur Kota.

            Tampak hadir dalam acara itu, Kepala Badan Kesbang Pol Wakhdah Ritonga, Kadis Perindustrian Zulkipli Sitepu, Camat Medan Barat, Rudi Faisal besera lirah dan kepala lingkungan di Kecamatan tersebut, Ketua Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun Syafrudin Syah, unsur Muspika,  alim ulama, dan segenap warga Medan Barat.

            Dalam acara buka puasa bersama warga yang merupakan rangkaian Safari Ramadan ini, Pemko Medan juga menyerahkan bantuan kepada Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun berupa uang sebesar Rp40 juta. Bantuan ini diserahkan Wakil Wali Kota kepada Ketua

Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun. Di samping itu, Pemko Medan juga memberikan bingkisan kepada anak yatim di Kecamatan itu berupa sarung dan uang tali asih.

            Dalam sambutan singkatnya, Wakil Wali Kota mengatakan salam hangat dari Walikota Medan Drs H.T. Dzulmi Eldi S,M.Si karena beliau tidak dapat hadir bersama kita.

            Silaturrami ini sebagai bentuk menyambung ukhuwah islamih dan ukhuwah watoniah.

Medan sebagai rumah kita, sebagai tempat kita hidup, sebagai tempat tinggal kita dan sebagai tempat mencari nafkah mari kita jaga bersama kota ini, baik keamanannya melalui lingkungan kita masing masing." Ujar Wakil.

             Walikota Medan sudah memberikan instruksi setiap lingkungan wajib adanya Siskamling Mandiri yang bersifat mandiri dari warga, oleh warga dan untuk warga. Karena wargalah yang tahu siapa yang harus diawasi dilingkungan masing masing," tegas Wakil.

            Selain itu, Wakil mengajak masyarakat kota Medan untuk membayar PBB, karena dari pembayan PBB itu kita dapat membayar gaji petugas kebersihan dan membangun Sarana dan prasarana yang kita butuhkan, " harapnya.

             Sebelum berbuka puasa, Safari Ramadan Pemko Medan itu juga diisi dengan tausyiah singkat oleh ustad Drs. H. Arifin Umar. ( Y H )

 
 
 
 

USAID Dukung Sistem MEDAN RUMAH KITA Yang Terintegrasi Dengan Sitem LAPOR

Medan (PP)

              USAID melalui program Cegah Pungli USAID dengan bangga mendukung Pemerintah  Propinsi sumatera Utara dalam program SP4N ( Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional). sistem LAPOR untuk mengumpulkan pengaduan dari masyarakat dan memberikan respon terhadap pengaduan masyarakat tersebut.

              Hal ini disampainkan oleh Pelaksana Tugas Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn didampingi Deputy Derctor Usaid Environment Office Jasen Seuc, saat melakukan pertemuan dengan Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, di kantor Gubsu, Senin (7/5).

              Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Plt. Sekda Provinsi Sumatera Utara, Ir H Ibnu S Hutomo MM, Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval,S.STP.MAP, Inspektur Kota Medan, Drs. Farit Wajedi,M.Si dan Kepala Perwakilan Ombudsman Wilayah Sumut, Abyadi Siregar,S.Sos dan Maju Siregar, SH.

              Dikatakan Ryan,  Provinsi Sumatera Utara salah satu berpenduduk terpadat ke - 4 di Indonesia berupaya memperkuat akuntalibitas dan tata kelola pemerintahan atau LAPOR yang terintegrasi dengan sistem lainnya seperti yang dimiliki Pemerintah Kota Medan yaitu sistem "Medan Rumah Kita" membantu membawa pemerintah lebih dekat dengan masyarakat dengan cara memperkuat akuntabilitas, demokratis dan meningkatkan pelayanan publik. 

              "Kami sangat mendukung sistem Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan sistem LAPOR ini, sebab sistem ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengadukan berbagai hal ke pemerintah."ujar Ryan Washburn.

              Disamping itu, Ryan juga mengaku senang dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, diharapkan dari pertemuan ini dapat memberikan masukan demi peningkatakan pelayanan publik di Provinsi Sumatera Utara maupun Kota Medan.

              "Kami merasa gembira dapat bermitra dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, kami berharap ini dapat membantu mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan lebih sejahtera."harap Ryan Washburn.

              Sementara itu, Waki Wali Kota Medan dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Pemko Medan telah memiliki sistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan sistem LAPOR. Sistem ini berupa aplikasi "Medan Rumah Kita" yang sudah dibangun sejak Desember 2016. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya yang kemudian langsung di respon oleh OPD terkait.

               "Hingga saat ini aplikasi tersebut masih terus aktif, masyarakat dapat mengirimkan pengaduan ke aplikasi ini dengan cara menuliskan aduannya, memfotonya dan menuliskan identitas diri. Aduan yang diterima akan ditampung dan di kirim ke OPD terkait."jelas Wakil Wali Kota.

Pengaduan yang diterima ini, selanjutnya akan direspon oleh OPD terkait dan paling lama 1 minggu sudah tertangani.

              "Nanti OPD terkait yang akan meresponya, pengaduan tersebut dapat langsung dikerjakan atau harus dianggarkan terlebih dahulu, paling lama satu minggu masyarakat sudah mendapatkan hasilnya."kata Wakil Wali Kota.

               Selain aplikasi Medan Rumah Kita, lanjut Wakil Wali Kota, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduannya melalui SMS center, dan mengirim langsung ke nomor pribadi Wali Kota, Wakil Wali Kota dan pejabat Pemko Medan lainnya.

              Sebelumnya, Plt Sekda Provsu, Ir H Ibnu S Hutomo MM, mengucapkan selamat datang kepada rombongan USAID, diharapkan pertemuan ini dapat menjadi kerjasama yang baik sehingga dapat saling bertukar informasi dan menjadi masukan bagi provsu dalam peningkatkan kinerja pemerintahan.

               Pertemuan ini selanjutnya diakhiri dengan saling bertukar cendramata dan foto bersama.

( Y H )

Wali Kota Buka Puasa Bersama Warga di Masjid Muslimin Sei Batang Serangan

Medan,(PP)

                Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si yang dihadiri Wakil Walikota Medan,  Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si berbuka puasa bersama dengan masyarakat di Masjid Muslimin, Jalan Sei Batang Serangan,  Senin (21/5) petang. Kehadiran Wakil Walikota beserta rombongan disambut hangat oleh seratusan masyarakat yang telah menunggu di halaman masjid  tersebut. Selain berbuka puasa bersama, kegiatan Ramadhan Pemko Medan ini juga diisi dengan tausyiah ustad Drs. H. Sangkot Saragih MH dan sholat Maghrib berjamaah.

                 Turut hadir dalam Safari Ramadan itu Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Camat Medan Baru  Ilyan Chandara, Ketua Yayasan Masjid Muslimin Ir. H. Zainal Arifin, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga kecamatan Medan Baru.

                 Dalam sambutannya Wakil Wali Kota  mengatakan, kehadirannya beserta seluruh rombongan Safari ramadhan merupakan bagian dari program untuk meningkatkan tali silaturahmi, komunikasi serta koordinasi, terutama diantara Pemerintah Kota Medan, masyarakat dan segenap pemangku kepentingan kota. Untuk itulah, melalui kunjungan safari ramadhan ini diharapkan dapat semakin mengefektifkan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan kota yang telah direncanakan.

                  Wakil Wali Kota menyebutkan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi seluruh umat muslim. Dia mengajak masyarakat  menjadikan Ramadhan ini sebagai moment dan kesempatan untuk mengevaluasi sikap, prilaku serta kinerja selama ini untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam memperbaiki diri, terutama hubungan terhadap Allah SWT dan dan hubungan dengan sesama manusia.

                  Selain itu,  Wakil Wali Kota juga mengucapkan,  bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk memperkuat dan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan kota. Misalnya dalam rangka menjaga kebersihan, kelestarian lingkungan, pembangunan prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif, memelihara kerukunan umat beragama, menjaga ketentraman dan ketertiban, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat.

                  Melalui Safari ramadhan ini, Pemko Medan juga memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar 40 juta rupiah untuk pembangunan Masjid Muslimin yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Medan kepada Ketua BKM Masjid Muslimin. Tidak hanya itu saja, Pemko Medan juga menyerahkan santunan kepada 100 orang anak yatim.

                  Sebelumnya, Ketua Yayasan Masjid Muslimin, Ir. H. Zainal Arifin, mengungkapkan keterharuannya atas terpilihnya Masjid Muslimin dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemko Medan. Atas nama seluruh jamaah dia mengungkapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemko Medan ini. ( Y H )

 
 
 
 
 

Wali Kota Medan Pimpin Rapat Koordinasi Rencana Permohonan Hibah Tanah Untuk Jalan

Medan (PP)

              Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir.H. Akhyar Nasution,MSi Memimpin Rapat Koordinasi Rencana Permohonan Pemko Medan terkait hibah tanah untuk jalan ke Kementerian PUPR, di Kantor Wali Kota Medan, Jum'at 

               Dijelaskan Wakil Wali Kota, rapat koordinasi ini untuk membicarakan lokasi tanah yang akan dihibahkan sebagai akses jalan bagi masyarakat yang bermukim di dua lingkungan yang ada di Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan. Sebab selama ini masyarakat yang berjumlah sekitar 400 Kepala Keluarga tidak memiliki akses jalan yang baik.

               "Hari ini kita duduk bersama untuk membicarakan proses permintaan izinnya ke Kementerian PUPR. "kata Wakil Wali Kota.

Karena itulah, Wakil Wali Kota meminta kepada PT. Jasa Marga dan Balai Besar Jalan untuk berkoordinasi dan melakukan langsung survey kelapangan agar ditentukan titik tanah yang akan di hibahkan.

               "kita jadwalkan saja kapan kita survey ke lapangan, jadi bisa langsung kita ukur sebatas mana tanah yang diperlukan untuk akses jalan masyarakat. "kata Wakil Wali Kota.

               Sebelumnya Camat Medan Belawan, Ahmad, SP memamparkan bahwa di Kelurahan Bahari terdapat dua lingkungan yang terisolir, artinya masyarakat tidak memiliki akses jalan yang baik sebagaimana masyarakat pada umumnya. Karena itu Camat Medan Belawan mengambil inisiatif melakukan koordinasi dengan PT. Jasa Marga untuk melakukan pengukuran ulang tanah yang letaknya bersebelahan dengan jalan tol Belmera.

               "Jasa Marga sudah menyetujui untuk dilakukan pengukuran ulang jalan, karena itu saya langsung meminta arahan ke bapak Wali Kota, tujuanya agar masyarakat kita ini memiliki akses jalan yang layak. "ungkap Ahmad.

               Sementara itu, perwakilan dari PT. Jasa Marga dan Balai Besar Jalan  yang hadir mengaku siap membantu dan mendukung proses hibah jalan ini hingga sampai pengurusan izinya ke Kementerian PUPR. ( R F )