Fri05142021

Last update03:59:51 PM GMT

alt

Wali Kota Medan Apresiasi Digelarnya Inbox Karnaval Medan Medan

Medan (PP)

              Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.SI mengapresiasi dan mendukung digelarnya Inbox Karnaval Medan pada 14  dan 15 Juli 2018. Diharapkan kegiatan yang menyuguhkan Musik, Variety Show dan mengangkat pariwisata serta kebudayaan di daerah ini dapat semakin memperkenalkan Kota Medan kepada masyarakat Indonesia.

               Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan didampingi Kadis Kominfo Zain Noval S.STP, M.AP, Kadis Kebudayaan Suherman SH dan Kadis Pariwisata Agus Suriono ketika menerima audiensi Eksekutif Produser SCTV Aminnudin dan Produser Inbox SCTV Budi Soma yang hadir bersama Pengurus Assosiasi perusahaan  penyelenggara dan pelaksana Acara (APPARA) di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (31/05).

               Dikatakan Wali Kota, Medan memiliki banyak potensi pariwisata, budaya, seni dan keunggulan produk lokal yang dapat bersaing dengan produk lainnya. Seperti Kulinernya dikenal dengan Bika Ambon dan soto Medan, untuk produk lokalnya ada Batik Medan dan Songket Deli dengan khas identitas Kota Medan.

                "Saya berharap selain mengangkat potensi pariwisata dan produk lokal, event ini dapat dirangkaikan dengan berbagai kegiatan yang meriahkan perayaan HUT Kota Medan ke - 428, seperti Colorful Medan dan Medan Great Sale", Kata Wali Kota.

                Kemudian Wali Kota Medan, mengucapkan terima kasih atas digelarnya Inbox Karnaval Medan ini, selain untuk hiburan warga medan, melalui event ini dapat semakin memperkenalkan potensi Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ke seluruh Indonesia. 

                 "Atas nama Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih kepada Pihak SCTV atas digelarnya Karnaval Inbox Medan ini, apalagi mendatangkan Artis dari jakarta ke kota Medan, tentu kegiatan ini akan menjadi hiburan bagi warga Kota Medan terlebih disaat Kota Medan berulang Tahun ke - 428", ungkap Wali Kota.

                 Sebelumnya Eksekutif Produser SCTV, Aminnudin menjelaskan pihaknya akan menggelar Inbox Karnaval Medan pada Sabtu dan Minggu (14-15) Juli 2018. Program musik dan variety show ini digelar di daerah khusus kota Medan untuk menjadi tontonan yang segar dan mengandung banyak informasi budaya, wisata dan produk lokal di suatu daerah, sehingga pastinya mampu menghibur seluruh pemirsa Indonesia.

                 "Inbox karnaval Medan ini juga digelar sebagai wadah bagi daerah untuk promosi wisata, budaya ,seni dan keunggulan produk lokal, agar dikenal keseluruh Indonesia bahkan negara tetangga yang menonton program Kami. Akan ada banyak artis dan host yang kami datangkan dalam Acara tersebut", katanya.

                Untuk itu, menurut Aminnudin, pihaknya Berkunjung ke Wali Kota Medan, untuk meminta izin sekaligus dukungan agar program ini berjalan dengan baik. Kemudian dalam program ini, dijelaskan Amiruddin, Bapak Wali kota Medan akan menjadi talent artis untuk memperkenalkan potensi yang ada di Kota Medan.

                  "Nantinya dalam program ini kami juga akan mengajak bapak Wali Kota untuk menjadi talent artis guna memperkenalkan kota Medan, hal tersebut bisa dimulai dengan kuliner, pariwisata dan budaya Yang ada di Medan. Artinya selama program ini Medan akan terus diekspos untuk diperkenalkan kepada pemirsa", jelasnya. ( Y H )

 
 
 
 

SEKDA AJAK WARGA MEDAN PETISAH UNTUK MENYUKSESKAN PROGRAM PEMBANGUNAN

Medan (   PP )

             Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri Lubis mengajak seluruh warga Medan Petisah untuk dapat menjaga rasa persaudaraan dan solidaritas. Hal ini Ia sampaikan ketika membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si pada kegiatan Safari Ramadhan di Masjid As-Syahadah Jalan Sikambing Belakang Kecamatan Medan Petisah, Selasa (29/5).

              “Insya Allah dengan rasa solidaritas yang kokoh ini ummat muslim khususnya warga Medan Petisah akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan”. Ujar Sekda.

            Pada kesempatan ini Sekda juga mengajak kepada seluruh warga Medan Petisah untuk bersama-sama menyukseskan program pembangunan yang dilaksanakan Pemko Medan dengan cara menaati kewajiban membayar pajak, menjaga kebersihan lingkungan dan mengaktifkan siskamling. Disamping itu Sekda juga menghimbau untuk menggunakan hak suara pada Pilgubsu mendatang dan menjadi Kota Medan sebagai barometer penyelenggaraan Pilgubsu yang aman dan damai

              “Gunakan hak pilih dengan penuh kesadaran dan pertimbangan yang matang sehingga pemimpin yang terpilih adalah betul-betul sesuai dengan hati nurani”. Pesan Sekda.

            Sebelum melaksanakan berbuka puasa bersama Sekda juga memberikan tali asih secara simbolis kepada 100 orang anak yatim piatu dan bantuan kepada BKM Masjid As-Syahaadah sebesar 40 juta Rupiah.

            Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan,  Al Ustadz Drs. H. Suhaidi Lubis, Ketua BKM As-Syahaadah Syahwir Pasaribu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Muslim Harahap, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan Lahum Lubis, Kepala Perpustakaan dan Arsip Darussalam Pohan, Camat Medan Petisah dan jajaran Kecamatan Medan Petisah. (RF)

Wali Kota Buka Puasa Bersama Warga di Masjid Muslimin Sei Batang Serangan

Medan,(PP)

                Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si yang dihadiri Wakil Walikota Medan,  Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si berbuka puasa bersama dengan masyarakat di Masjid Muslimin, Jalan Sei Batang Serangan,  Senin (21/5) petang. Kehadiran Wakil Walikota beserta rombongan disambut hangat oleh seratusan masyarakat yang telah menunggu di halaman masjid  tersebut. Selain berbuka puasa bersama, kegiatan Ramadhan Pemko Medan ini juga diisi dengan tausyiah ustad Drs. H. Sangkot Saragih MH dan sholat Maghrib berjamaah.

                 Turut hadir dalam Safari Ramadan itu Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, Kadis Perindustrian Zulkifli Sitepu, Camat Medan Baru  Ilyan Chandara, Ketua Yayasan Masjid Muslimin Ir. H. Zainal Arifin, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan warga kecamatan Medan Baru.

                 Dalam sambutannya Wakil Wali Kota  mengatakan, kehadirannya beserta seluruh rombongan Safari ramadhan merupakan bagian dari program untuk meningkatkan tali silaturahmi, komunikasi serta koordinasi, terutama diantara Pemerintah Kota Medan, masyarakat dan segenap pemangku kepentingan kota. Untuk itulah, melalui kunjungan safari ramadhan ini diharapkan dapat semakin mengefektifkan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan kota yang telah direncanakan.

                  Wakil Wali Kota menyebutkan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi seluruh umat muslim. Dia mengajak masyarakat  menjadikan Ramadhan ini sebagai moment dan kesempatan untuk mengevaluasi sikap, prilaku serta kinerja selama ini untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam memperbaiki diri, terutama hubungan terhadap Allah SWT dan dan hubungan dengan sesama manusia.

                  Selain itu,  Wakil Wali Kota juga mengucapkan,  bulan Ramadhan juga menjadi momentum untuk memperkuat dan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan kota. Misalnya dalam rangka menjaga kebersihan, kelestarian lingkungan, pembangunan prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif, memelihara kerukunan umat beragama, menjaga ketentraman dan ketertiban, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat.

                  Melalui Safari ramadhan ini, Pemko Medan juga memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar 40 juta rupiah untuk pembangunan Masjid Muslimin yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Medan kepada Ketua BKM Masjid Muslimin. Tidak hanya itu saja, Pemko Medan juga menyerahkan santunan kepada 100 orang anak yatim.

                  Sebelumnya, Ketua Yayasan Masjid Muslimin, Ir. H. Zainal Arifin, mengungkapkan keterharuannya atas terpilihnya Masjid Muslimin dalam kunjungan Safari Ramadhan Pemko Medan. Atas nama seluruh jamaah dia mengungkapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemko Medan ini. ( Y H )

SEKDA : ZAKAT HARUS MENJADI GAYA HIDUP UMMAT MUSLIM DI KOTA MEDAN

Medan ( PP )

            Seiring dengan makin meningkatnya ekonomi ummat muslim, secara otomatis maka potensi zakat pun berkembang secara signifikan. Namun sungguh disayangkan sampai saat ini zakat yang dibisa dikumpulkan dari muzzaki belum optimal seperti yang diharapkan. Demikian disampaikan Sekda Kota Medan Ir. H. Syaiful Bahri Lubis ketika membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si dalam acara Sosialisasi Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat Kepada Penyuluh Agama Non-ASN di Hotel Grand Inna Medan Jalan Balai Kota No. 3 Medan. Rabu (30/5).

             Dikatakan Sekda, kurang optimalnya penyaluran zakat ini disebabkan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat khususnya yang beragama Islam mengenai zakat, yang pada hakikatnya sebagian dari harta yang dimiliki tersimpan hak-hak orang lain yang harus dikeluarkan. Begitu tingginya potensi zakat ini, ujar Sekda, diharapkan akan mampu menjadi solusi cerdas terhadap pengentasan kemiskinan di Kota Medan khususnya.

             “Saya mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, sebagai  bagian dari upaya kita bersama dalam meningkatkan kesadaran ummat muslim dalam membayar zakat dan menggali lebih dalam lagi potensi zakat yang nantinya dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kemaslahatan ummat”. Ujar Sekda dihadapan 60 orang peserta sosialisasi yang terdiri dari Penyuluh Agama Non- ASN se- Kota Medan.

             Dengan semakin banyaknya sosialisasi seperti ini, ditambahkan Sekda, diharapkan nantinya masyarakat semakin sadar dalam membayar zakat dan zakat ini harus menjadi gaya hidup ummat muslim, karena dengan berzakat akan terkikis sifat-sifat ketamakan dan kekikiran serta mampu mengurangi pola hidup hedonisme dan konsumerisme, selain itu, zakat juga dapat meningkatkan rasa kasih sayang dan solidaritas dikalangan ummat Islam khususnya dan masyarakat Kota Medan secara luas.

             Sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang pengelolaan zakat diantaranya Ketua Baznas Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Amansyah Nasution, M. Si dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan H. Al Ahyu, M.A. Turut hadir dalam acara sosialisasi ini, Ketua Baznas Kota Medan Drs. H. Azwar S, M.Si, Tokoh Agama Drs. H. Palit Muda Harahap, M. A, Drs. H. Suhaidi Lubis dan para peserta dari Penyuluh Agama Islam Non-ASN se Kota Medan. (RF)

 
 
 
 

Wali Kota Medan Hadiri Pembukaan Kejuaraan Catur Tingkat Nasional

Medan (PP)

             Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si menghadiri pembukaan kejuaran catur tingkat nasional dalam rangka memperebutkan Piala Gubenur Sumatera Utara, di Lap. Merdeka Medan, Sabtu (19/5).

              Kejuaraan Catur tingkat Nasional ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto ( mantan grandmaster internasional catur).

              Wali Kota Medan dalam kesempatan tersebut menyambut baik atas terselenggaranya Kejuaraan Catur tingkat nasional ini. Kejuaran ini diharapkan dapat menggairahkan kembali olahraga catur yang ada di Indonesia khususnya Kota Medan.

               Selain itu kata Walikota, kejuaraan catur ini merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari Masyarakat kota medan. Permainan catur bukanlah sekedar permainan untuk penyaluran hobi semata, namun juga untuk mengasah ketangkasan dan konsentrasi.

                 "Saya harap melalui kejuaraan catur ini menjadi ajang penjaringan dan pembinaan atet-atlet catur yang berpotensi sehingga nantinya dapat mengharumkan nama Provinsi Sumatera Utara di kancah nasional maupun internasioanal.ita dapat mngembangkan kemampuanya, sehingga nantinya dapat mengharumkan Provinsi Sumatera Utara di kancah nadional maupun intefnasional. "harap Wali Kota.

                 Pembukaan Kejuaraan catur ini turut dihadiri oleh Gubenur Sumatera Utara, Dr. Ir. H.T Erry Nuradi,M.Si, Anggota DPR RI, dr. Sofyan Tan, dan para pemain catur tingkat nasional. ( Y H )

Wakill Wali Kota Buka Puasa Bersama Warga Medan Barat di Masjid Al Muflihun

Medan (PP)

            Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si  berbuka puasa bersama warga Kecamatan Medan Barat, Selasa (29/5) di Masjid Al Muflihun, Kelurahan Glugur Kota.

            Tampak hadir dalam acara itu, Kepala Badan Kesbang Pol Wakhdah Ritonga, Kadis Perindustrian Zulkipli Sitepu, Camat Medan Barat, Rudi Faisal besera lirah dan kepala lingkungan di Kecamatan tersebut, Ketua Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun Syafrudin Syah, unsur Muspika,  alim ulama, dan segenap warga Medan Barat.

            Dalam acara buka puasa bersama warga yang merupakan rangkaian Safari Ramadan ini, Pemko Medan juga menyerahkan bantuan kepada Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun berupa uang sebesar Rp40 juta. Bantuan ini diserahkan Wakil Wali Kota kepada Ketua

Badan Kenaziran Masjid Al Muflihun. Di samping itu, Pemko Medan juga memberikan bingkisan kepada anak yatim di Kecamatan itu berupa sarung dan uang tali asih.

            Dalam sambutan singkatnya, Wakil Wali Kota mengatakan salam hangat dari Walikota Medan Drs H.T. Dzulmi Eldi S,M.Si karena beliau tidak dapat hadir bersama kita.

            Silaturrami ini sebagai bentuk menyambung ukhuwah islamih dan ukhuwah watoniah.

Medan sebagai rumah kita, sebagai tempat kita hidup, sebagai tempat tinggal kita dan sebagai tempat mencari nafkah mari kita jaga bersama kota ini, baik keamanannya melalui lingkungan kita masing masing." Ujar Wakil.

             Walikota Medan sudah memberikan instruksi setiap lingkungan wajib adanya Siskamling Mandiri yang bersifat mandiri dari warga, oleh warga dan untuk warga. Karena wargalah yang tahu siapa yang harus diawasi dilingkungan masing masing," tegas Wakil.

            Selain itu, Wakil mengajak masyarakat kota Medan untuk membayar PBB, karena dari pembayan PBB itu kita dapat membayar gaji petugas kebersihan dan membangun Sarana dan prasarana yang kita butuhkan, " harapnya.

             Sebelum berbuka puasa, Safari Ramadan Pemko Medan itu juga diisi dengan tausyiah singkat oleh ustad Drs. H. Arifin Umar. ( Y H )

 
 
 
 

Pemko Medan dan BPJS Kesehatan Perkuat Kemitraan

Medan (PP)

             Pemko Medan dan BPJS Kesehatan Cabang Utama Kota Medan terus memperkuat kemitraan guna memberikan layanan kesehatan pada masyarakat. Evaluasi dan koordinasi pun terus digalakkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

              Hal ini mengemuka dalam pertemuan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Kota Medan, Kamis (17/5) di ruang rapat II kantor Wali Kota Medan. Pertemuan ini dipimpin oleh Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Sekda Ir. H. Syaiful Bahri Lubis didampingi Kadis Kesehatan, drg Usma Polita Nasution, M.Kes.

               Turut serta dalam pertemuan tersebut, antara lain Kepala Bappeda, Ir. Wirya Alrahman, MM,

               Dirut RSUD Pirngadi Kota Medan, Dr Suryadi Panjaitan, Sp.PD juga Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Kota Medan, dr. Ari Dwi Aryani, MKM.

               Dalam kesempatan itu, Sekda menyampaikan agar seluruh pihak terus memperbaiki kekurangan sehingga peserta BPJS dapat terlayani dengan baik.

                Dia juga mengajak seluruh pihak terkait, termasuk rumah sakit provider memberikan kerja-kerja terbaik agar warga yang menjadi peserta mendapat pelayanan yang baik pula.

                Evaluasi yang dilakukan, lanjut Sekda, bukanlah untuk mencari kekurangan dan saling menyalahkan, namun guna mendapatkan jalan terbaik dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta BPJS. ( Y H )

 
 
 
 
 

Wali Kota Hadiri Buka Puasa Bersama Dengan Keluarga Besar DPRD Kota Medan

Medan (PP)

               Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si hadiri buka puasa bersama dengan keluarga besar DPRD Kota Medan, di Gedung DPRD Kota Medan, Senin (28/5).

              Buka puasa bersama ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung,SE,SH,MH beserta para Wakil, Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta seluruh anggota DPRD Kota Medan, Wakil Wali Kota Medan, Ir. H.Akhyar Nasution,M.Si, Ketua MUI Kota Medan, Prof. H.Moh. Hatta, para pimpinan FKPD Kota Medan, Sekda Kota Medan, Ir. Syaiful Bahri, pimpinan OPD dan Camat sekota Medan, alim ulama, serta para pimpinan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

              Wali Kota Medan berpendapat buka puasa bersama ini berguna untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan serta menggalang persatuan dan kesatuan antara eksekutif, legislatif dan semua kelembagaan pemerintah daerah.

               Kemitraan antar lembaga yang sudah terjalin cukup efektif selama ini, di nilai Wali Kota tidak terlepas dari komitmen utuh para pimpinan lembaga. Untuk itu Wali Kota mengucapkan terimakasih yang setingginya kepada segenap pimpinan serta anggota DPRD serta kelembagaan lainnya yang telah bersinergi satu sama lainya untuk membangun Kota Medan.

               "Saya atas nama Pemerintah Kota dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan lembaga daerah yang telah bersinergi bersama membangun Kota Medan yang kita cintai."kata Wali Kota.

Disamping itu, Wali Kota juga meminta maaf kepada seluruh pimpinan lembaga daerah yang hadir apabila pada beberapa forum, konsultasi yang dilakukan bersama diberbagai bidang pembangunan ada hal-hal yang mungkin belum berjalan optimal.

              "Saya yakin sudah banyak yang kita hasilkan tetapi masih banyak juga tugas yang harus kita laksanakan guna meningkatkan daya saing kota, peningkatan pelayanan umum serta peningkatan kesejahteraan masyarakat demi menjadi lebih baik lagi dimasa mendatang."ujar Wali kota.

             Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Medan, Hendry Jhon Hutagalung dalam sambutannya mengatakan buka puasa bersma ini diharapkan dapat semakin memperkuat iman sekaligus mempererat silaturahmi antara DPRD Kota Medan, Pemko Medan dan FKPD daerah Kota Medan, tujuanya agar dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk masyarakat sehingga pembangunan di kota medan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

              Sebelum berbuka puasa, acara ini di isi pula dengan taushiah singkat yang dibawakan oleh Al-Ustad H.Hasbi Al-Mawardi,S.Pdi. ( Y H )

Wali Kota Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan APIP dan APH

Medan (Medan)

             Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si tanda tangani perjanjian kerjasama Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait penanganan laporan atau pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, di Kantor Gubenur Sumatera Utara, Selasa (15/5). 

             Selain Wali Kota Medan, penandatanganan kerjasama ini juga dilakukan oleh seluruh Kepala Daerah, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kapolres se-Sumatera Utara yang disaksikan langsung oleh Gubenur Sumatera Utara Dr. Ir.H.T Erry Nuradi,M.Si beserta unsur FKPD Sumut lainnya.

            Gubsu dalam sambutanya mengatakan perjanjian kerjasama ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam rangka penegakan hukum khususnya masalah tindak pidana korupsi. 

            Lebih lanjut, Gubsu menjelaskan bahwa Koordinasi APIP dan APH bukan untuk melindungi kejahatan apalagi menutupi tindak pidana, namun harapannya menerapan hukum pidana menjadi tindakan terakhir dalam menilai penyelenggaran pemerintahan daerah sehingga pembangunan di tingkat pusat maupun daerah dapat berjalan efektif.

            "Koordinasi APIP dan APH ditujukan untuk menghindari perasaan khawatir yang selama ini dialami penyelenggara pemerintahan. Ada rasa takut dalam bertindak, takut disalahkan secara administratif lalu dapat dipidanakan sehingga dampaknya adalah terhambatnya pembangunan di daerah dan lambatnya penyerapan anggaran di daerah."kata Gubsu.

            Untuk itu, melalui kerja sama ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dalam rangka penegakan hukum khususnya bidang tipikor yang selama ini dikeluh kesahkan oleh sejumlah kepala daerah. ( Y H )

 
 
 
 

SAFARI RAMADHAN PEMKO MEDAN PERERAT TALI SILATURRAHMI DENGAN MASYARAKAT

Medan (   PP )

          Safari Ramadhan yang secara rutin digelar Pemko Medan setiap tahunnya menjadi sebuah ajang silaturrahmi serta wadah mendekatkan diri dengan warga masyarakat Kota Medan di 21 kecamatan, demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri ketika membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si dalam acara Safari Ramadhan dan  Berrbuka Puasa bersama dengan masyarakat Kec. Medan Helvetia, di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Sabtu (26/5).

           Sekda mengatakan kehadiran jajaran Pemko Medan di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Medan Helvetia guna melaksanakan safari ramadhan bukanlah tanpa sebab, melainkan ingin membangun jembatan hati sehingga terciptanya rasa kebersamaan antara pemerintah, alim ulama dan masyarakat.

           "Dengan adanya kebersamaan ini tentunya kita harapkan dapat membangun kota Medan khususnya Kecamatan Medan Helvetia yang kita cintai ini”. Ujar Sekda.

           Disamping itu, Safari Ramadhan ini juga menjadi wadah dalam berbagi informasi baik dari Pemko Medan kepada warga dan juga sebaliknya. Menurut Sekda banyak media yang dapat digunakan warga dalam menyampaikan aspirasi pembangunannya. Selain melalui Safari Ramadhan ini, Pemerintah juga telah membuka akses melalui rembuk warga yang nantinya dapat menyerap keinginan masyarakat hingga ke lini Kelurahan dan Lingkungan.

           Karena itulah, melalui momentum Safari Ramadhan ini Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Medan khususnya Kecamatan Medan Helvetia untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung program pembangunan kota.

          "Dukungan itu dapat dilakukan dalam bentuk mensukseskan program pembangunan yang sedang dijalankan seperti menjaga kebersihan, menghidupkan krmbali siskamling di tempat masing-masing, memenuhi kewajiban membayar pajak maulun pembangunan prasarana dan sarana lingkungan secara partisipatif”. jelas Sekda saat membaca sambutan Wali Kota.

           Diakhir Sambutan, Sekda mengingatkan kepada masyarakat bahwa sebulan lagi akan dilaksanakan Pilgubsu 2018. Untuk itu Sekda mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara benar dan mengawal jalannya Pilkada agar berjalan dengan lancar.

          "Mari kita jadikan Kota Medan sebagai barometer pelaksanaan Pilgubsu yang damai dan jauh dari segala bentuk kecurangan”. Pesan Sekda.

          Selain berbuka puasa dan sholat magrib berjamaah, dalam kesempatan ini Pemko Medan juga menyerahkan santunan kepada 100 orang anak yatim piatu dan memberikan bantuan sebesar Rp.40 Juta untuk kemakmuran Masjid Taqwa Muhammadiyah yang diserahkan langsung oleh Sekda Kota Medan.

          Sebelum berbuka puasa, Safari Ramadhan ini juga di isi dengan taushiah yang dibawakan oleh Al-Ustad H. Damri Tambunan.

Turut hadir dalam acara ini, Camat Medan Helvetia, Muhammad Yunus,SE, Sekretaris Pimpinan Cabang Taqwa Muhammadiyah, Herly Yuslianto, unsur Muspika Kecamatan, dan alim ulama serta warga masyarakat. (RF)

 
 
 
 

WALIKOTA APRESIASI OPEN CASTING NAGABONAR REBORN MENCARI BAKAT ASLI ANAK MEDAN

Medan (   PP )

              Open Casting ini diharapkan dapat menggali potensi dan bakat akting warga Kota Medan. Hal ini  tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Agus Suryono saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si dalam acara Open Casting Film Layar Lebar Nagabonar Reborn di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan, Jum’at (11/5). Open casting ini bertujuan untuk mencari aktor/aktris berbakat asal Kota Medan yang nantinya akan terlibat dalam pembuatan film Nagabonar Reborn.

              Dikatakan Agus, Wali Kota Medan menyampaikan rasa apresiasi dan berterima kasih karena telah memilih Kota Medan menjadi salah satu lokasi syuting Nagabonar Reborn dan melibatkan secara langsung masyarakat Kota Medan untuk membintangi film Nagabonar Reborn nantinya.

              “Keterlibatan Kota Medan sebagai lokasi syuting dan open casting ini tentunya menjadi kesempatan bagi kami dalam mempromosikan Pariwisata Kota Medan di kancah  Nasional melalui Film Nagabonar Reborn”. Ujar Agus.

              Agus juga menambahkan bahwa kisah Nagabonar telah melegenda khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Film Nagabonar Reborn ini diharapkan akan mampu menyamakan kesuksesan film Nagabonar terdahulu.

              Trimedya Panjaitan selaku produser film Nagabonar Reborn menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.SI atas dukungannya terhadap kegiatan open casting dan nantinya selama proses syuting di Kota Medan ini, Film ini menjadi kontribusi kami kepada masyarakat Sumatera Utara, dengan melibatkan langsung warga Kota Medan khususnya dalam film ini.

              “Saya sangat terharu dengan apresiasi masyarakat Kota Medan yang mulai dari pagi berdatangan untuk mendaftarkan diri dalam kegiatan open casting ini, tercatat hampir 1000 peserta telah mendaftar pada open casting pagi ini. Animo seperti ini juga diharapkan nantinya ketika peluncuran film Nagabonar Reborn”. Ujar Trimedya.

              Jelas Trimedya, open casting ini berlangsung satu hari, dimulai dari pukul 07.00 Wib hingga 18.00 Wib, dengan sejumlah kategori diantaranya kategori anak-anak Perempuan / Laki-laki usia 9-12 Tahun, Remaja Perempuan / Laki-laki usia 15-20 Tahun, Dewasa Perempuan / Laki-laki usia 24-30 Tahun, dan Orang Tua Perempuan / Laki-laki usia 40-50 Tahun, dengan menampilkan dewan juri diantaranya Trimedya Panjaitan selaku Produser, Mutiara Sani selaku penulis skenario, M. T. Risyad selaku Sutradara Film Nagabonar tahun 1987, Emil Rahardi selaku Sutradara Film Nagabonar Reborn, serta dua orang Cast film Nagabonar Reborn yakni Darius Sinatria dan Gading Martin.

              Turut hadir juga dalam acara ini, Gusti Randa selaku Eksekutif Produser, Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis, AP, M.Si. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian multietnis binaan Dinas Pariwisata Kota Medan. (RF)

Walkot Minta Lurah dan Kepling Harus Kenal Wilayah dan Dinamika Masyarakatnya

Medan, (PP) 

                 Setiap lurah dan kepala lingkungan wajib mengenal wilayah dan dinamika yang berkembang di masyarakat. Koordinasi antara kepala lingkungan, lurah, dan camat harus terus berjalan.

                   Hal ini dikatakan Wakil Walikota Medan Ir.H.Akhyar Nasution,Msi dalam Safari Ramadan Pemko Medan di Masjid Al Ikhlas, Jalan Umar, Medan Timur, Sabtu (26/5) petang.

                 "Jika ada persoalan dan tidak bisa teratasi kepala lingkungan, segera koordinasi ke lurah, begitu juga lurah ke camat. Jangan sampai ada masalah yang  dibiarkan berlarut-larut," sebut Wakil Wali Kota.

Pada bagian lain, Wakil Wali Kota menyampaikan, banyak kreativitas yang bisa dilakukan untuk memakmurkan umat. Kreativitas ditambah dengan kemauannya yang kuat  semua bisa dilakukan.

                  Turut hadir Wakil Ketua TP PKK, Hj. Nurul Khairani, Camat Medan Timur Drs. Parulian Pasaribu, M.Si, para lurah dan kepala lingkungan di wilayah tersebut, Ketua BKM Al Ikhlas Zainuddin Tanjung dan segenap warga dan jamaah.

Selain berbuka puasa bersama, Program Safari Ramadan Pemko Medan ini juga ditandai dengan penyerahan bantuan sebesar Rp40 juta kepada BKM Al Ikhlas. Bantuan Pemko Medan ini diserahkan oleh Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si kepada Ketua BKM Al Ikhlas. Di samping itu, juga diserahkani bingkisan berupa kain sarung dan uang kepada anak yatim piatu oleh Wakil Wali Kota didampingi Wakil Ketua TP PKK, Hj. Nurul Khairani.

                  Wakil Wali Kota menyebutkan, melalui Safari Ramadan, seluruh jajaran Pemko Medan dapat lebih leluasa berbagi informasi pembangunan baik dari Pemko Medan kepada warga. Begitu juga sebaliknya. Apalagi saat ini, lanjutnya, banyak media yang dapat digunakan warga dalam menyampaikan aspirasi pembangunan.

                  Wakil Wali Kota mengajak warga Kecamatan Medan Timur untuk terus memelihara kerukunan antar umat beragama. Kemudian selalu  menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Medan, serta senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

                  "Jadikan bulan Ramadan ini sebagai momen untuk memperkuat dan meningkatkan partisipasi semua dalam mendukung pembangunan di Kota Medan. Artinya, semua elemen masyarakat untuk turut menjaga kebersihan  dan kelestarian lingkungan, memenuhi kewajiban perpajakan serta secara terus partisipatif mendukung pembangunan prasarana dan sarana lingkungan," pesannya.

                    Acara ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang kental. Selain berbuka bersama, kegiatan juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan KH. Zulfikar Hajar, Lc dan salat Maghrib berjamaah.( Y H )

WALIKOTA TERIMA TP PKK PROVINSI SUMUT SUPERVISI KE TP PKK KOTA MEDAN

Medan (   pp )

           Pemerintah Kota Medan bersama TP PKK Kota Medan menerima kunjungan Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumut, Rabu (9/5)  dalam rangka pelaksanaan supervisi Lomba HKG PKK dan Hari Keluarga  di Gedung Serba Guna TP PKK Kota Medan Jl. Rotan Medan.

Pelaksanaan  supervisi ini dalam rangka kegiatan  pelaksanaan perlombaan Lomba HKG PKK dan Hari Keluarga

             Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Dammikrot, S. Sos menyambut baik kedatangan Tim Supervisi Provinsi ke Kota Medan dalam rangka melakukan supervisi terhadap beberapa program PKK yang akan diperlombakan untuk tahun 2018.

              Dengan adanya supervisi ini diharapkan dapat menjadi masukan positif kepada Pemko Medan khususnya TP PKK Kota Medan dalam menggerakkan program pemberdayaan kepada masyarakat Kota Medan. 

              “Tentunya kita memiliki ciri khas tersendiri dalam pembinaan PKK ini, namun demikian, penilaian dari Tim Supervisi tetap dapat dijadikan referensi untuk membenahi sektor tertentu yang masih perlu dibenahi, dengan demikian PKK Kota Medan bisa semakin berkembang,” ujarnya.

               Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani, SH yang diwakili oleh Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani ketika menerima kedatangan Tim Supervisi Provinsi Sumut menyebutkan  bahwa saat ini PKK melalui gerakan PKK memiliki tanggung jawab untuk ikut melaksanakan perbaikan dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga di Kota Medan.

          Dalam ekspos dari TP. PKK Kota Medan yang disampaikan oleh Wakil Ketua  memaparkan  bahwa  dalam rangka mendukung pelaksanaan 2 kegiatan besar PKK tersebut, TPP PKK Kota Medan akan mengikuti berbagai perlombaan, diantaranya: Lomba Tertib Administrasi  PKK:  Kelurahan  Silalas  Kecamatan Medan Barat, Lomba PAAR: Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, Lomba UP2K-PKK: Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang, Lomba Hatinya PKK: Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan, Lomba IVA:  Kelurahan Babura  Kecamatan Medan Baru,  Lomba  Posyandu: Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan  Medan  Helvetia,  Lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes : Kelurahan Sarirejo Kecamatan Medan Polonia, Lomba PHBS: Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Lomba LBS:  Kelurahan Pangkalan Mahsyur Kecamatan Medan Johor.

              Kegiatan supervisi ke Kota Medan kali ini disebutkan PimpinanTim Supervisi Wakil Ketua III TP PKK  Provinsi Sumut, Hj. Herawati OK Nazaruddin adalah sebagai bagian dari rangkaian penilaian terhadap 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara untuk melihat sejauh mana pelaksanaan kegiatan 10 program kegiatan PKK di Kota Medan.

               Selain itu juga untuk mengetahui dampak luasnya peran PKK kepada masyarakat, serta untuk mengetahui perkembangan Kelurahan dalam menyelenggarakan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat di lingkungannya. (RF)


 
 
 
 

Wali Kota Medan Dampingi Gubsu Tutup Kejuaraan Catur Tingkat Nasional Medan,

Medan, (PP)

           Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si yang dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mendampingi Gubsu, Dr. Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si menutup Kejuaraan Catur Terbuka Tingkat Nasional, Rabu (23/5) malam di anjungan Lapangan Merdeka Medan.

           Kejuaraan ini menarik perhatian pecatur-pecatur dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, antara lain Malaysia dan Philipina. Para pecatur ini  memperebutkan Piala Gubsu dan total uang sebesar Rp 250 juta.

           Gubernur menyatakan, atlet-atlet berprestasi sangat layak mendapat apresiasi dan perhatian pemerintah. Salah satu bentuk apresiasi memberi pekerjaan bagi atlet berprestasi BUMD dan memberi jalur khusus  masuk ke institusi pendidikan negeri.

           Gubsu berharap kejuaraan ini dapat berlangsung rutin agar dapat menjadi wahana pematangan bagi pecatur, sehingga bisa lahir grand master nasional maupun internasional dari Sumut.

           Sementara itu Wakil Wali Kota Medan menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kejuaraan nasional ini di Medan. Ajang ini tentu akan menambah semangat berlatih atlet catur Medan untuk meraih prestasi lebih tinggi.

           Peserta kejuaraan nasional ini terbagi dalam tiga kelompok, yakni junior putra, junior putri dan terbuka.

           Untuk kelompok junior putra, Juara I diraih pecatur asal Riau, Patar Gultom. Juara II dan III diraih pecatur Sumut, yakni Danil H.L. Tobing dan Derricko Jotin.

           Untuk kelompok junior putri, Juara I diraih pecatur Jawa Barat Samantha Editsho, Juara II pecatur DKI Jakarta Cecillia Natalia Liuvian, dan Juara III pecatur Malaysia Chua Jia Tien.

              Untuk kelompok terbuka, Juara I Irwanto Sadikin, Juara II Susanto Megaranto, dan Juara III Hamdani Rudin. Ketiganya berasal dari Jawa Barat.

              Selain pengumuman nama-nama pemenang, penyerahan piala dan hadiah, penutupan ini ditandai dengan penyematan syal Percasi kepada Gubsu, Wakil Wali Kota Medan, dan Ketua Percasi Sumut.

           Usai pemberian piala dan hadiah, acara disemarakkan dengan pencabutan lucky draw oleh Wakil Wali Kota juga Gubsu.( YH )

Wali Kota Medan Terima Audiensi Ikatan Sport Sepeda Indonesia Cabang Medan

Medan (pp)

            Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si menerima audiensi Kepengurusan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Cabang Kota Medan di rumah dinas Wali Kota, jalan Sudirman, Rabu (09/05). Selain silaturahmi kehadiran Kepengurusan ISSI Medan ini untuk meminta dukungan Wali Kota agar mengembalikan kejayaan ISSI Medan.

              Ketua ISSI Sumut, Akbar Buchari yang hadir bersama Ketua ISSI Medan Feridhika dan pengurus lainnya menjelaskan, bahwa kepengurusan ISSI Kota Medan beberapa waktu kemarin sempat vakum, dikarenakan dualisme kepengurusan.

              Akan tetapi saat ini karena memiliki tujuan yang  sama kepengurusan ISSI Medan sudah bersatu dan akan menjalankan program kerjanya.

               "Kehadiran kami kesini untuk meminta dukungan dari Bapak Wali Kota Medan, agar dapat membantu dan memperhatikan ISSI Medan. Apalagi Sumut terpilih menjadi Tuan Rumah PON 2024, tentu ini akan menjadi Fokus kami  untuk membina para atlet yang berbakat untuk persiapan PON 2024", jelasnya.

                Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si didampingi Asisten Ekbang Qamarul Fattah dan Kadispora Marah Husin Lubis mengungkapkan apresiasinya atas bersatunya kepengurusan ISSI Medan. Tentunya ini akan berdampak baik bagi para atlet dan perkembangan olahraga sepeda sport.

                 "Pemko Medan mengapresiasi dan akan mendukung ISSI Medan dalam membina para atlet sepeda yang ada di Kota Medan.

                 Untuk itu mari kita bersama - sama meningkatkan prestasi olahraga sepeda", kata Wali kota. ( Y H )

Wali Kota Buka Puasa Bersama Warga Medan Marelan di Masjid Al Ihsan

Medan, (PP)

             Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si yang dihadiri Wakil Walikota Medan,  Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si berbuka puasa bersama dengan masyarakat  Medan Marelan di Masjid Al IhsanJl. Andan Sari,  Kamis (24/5) petang.

             Dalam acara yang dihadiri Wakil Ketua TP PKK Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar,  Camat Medan Marelan H.T. Yudi Chairuniza, segenap lurah, dan kepala lingkungan, serta beberapa pejabat Pemko Medan itu, Wakil Wali Kota kembali mengingatkan instruksi Wali Kota agar para kepala lingkungan benar-benar mengenal dan memahami lingkungan dan warganya.

              Wakil Wali Kota mengatakan, kepala lingkungan harus mengetahui dinamika yang berlangsung di wilayahnya.

               "Jika ada warga tidak mampu sakit, namu   tidak bisa berobat ke rumah sakit, ini akan menjadi catatan buruk bagi kepala lingkungannya," ucap Wakil Wali Kota. 

              Wakil Wali Kota juga mengharapkan warga secara mandiri menciptakan sistem keamanan di wilayah masing-masing.

              Wakil Wali Kota  juga mengatakan, kehadirannya beserta seluruh rombongan Safari ramadhan merupakan bagian dari program untuk meningkatkan tali silaturahmi, komunikasi serta koordinasi, terutama di antara Pemerintah Kota Medan, masyarakat dan segenap pemangku kepentingan kota. Untuk itulah, melalui kunjungan safari ramadhan ini diharapkan dapat semakin mengefektifkan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan kota yang telah direncanakan.

              Wakil Wali Kota menyebutkan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi seluruh umat muslim. Dia mengajak masyarakat  menjadikan Ramadhan ini sebagai moment dan kesempatan untuk mengevaluasi sikap, prilaku serta kinerja selama ini untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam memperbaiki diri, terutama hubungan terhadap Allah SWT dan dan hubungan dengan sesama manusia.

"Nilai tertinggi seorang muslim adalah takwa. Menjalankan seluruh ibadah bulan Ramadan dengan ikhlas adalah salah satu jalan kita untuk menjadi takwa," pesan Wakil Wakil Wali Kota.

             Dalam Safari Ramadan ini, Pemko Medan juga memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar 40 juta rupiah untuk pembangunan Masjid Al Ihsan yang diserahkan langsung oleh  Wakil Walikota Medan kepada Ketua BKM Masjid Al Ihsan. Tidak hanya itu saja, Pemko Medan juga menyerahkan santunan kepada 100 orang anak yatim. ( Y H )

 
 
 
 

DPRD Kota Padangsidimpuan Belajar Tentang Pengelolaan PAD dari Pemko Medan Medan,

Medan, (pp)

Wakil Walikota Medan Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si terima kunjungan kerja anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan, semoga kunjungan kerja ini selain shering tentang implementasi PAD juga dapat mempererat hubungan silaturrahmi diantara kedua kota.” ungkap Wakli, selasa ( 8/5) di Kantor Walikota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis.

Sebagai gambaran tentang Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Uatara, juga  merupakan Kota jasa dan sebagai pintu gerbang perdagangan Indonesia bagian barat, Wakil Walikota, menjelaskan Kota Medan mempunyai luas 26.510 Ha, terdiri dari 21 Kecamatan dengan 151 Kelurahan dan 2001 Kepala Lingkungan.

Sedangkan jumlah penduduk menetap sekitar 2,4 juta jiwadengan arus komuter lebih kurang 500 ribu yang terdiri dari berbagai suku dan etnis maupun agama, namun kita bersyukur kapada Tuhan  semuanya dapat hidup berdampingan.” Ujar Wakil.

 Selanjutnya, Wakil menjelaskan tentang program pembanguna kota Medan yang dilaksanakan dengan Visi menjadi Kota Masa Depan Yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis , Sejahtera dan Religius, dengan Misinya Pertama, Menumbuh kembangkan stabilitas,kemitraan, Partisipasi dan Kebersamaan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan kota Medan, kekdua, meningkatkan efesiensi melalui deregulasi dan debirokratisasi sekaligus penciptaan iklim investasi yang kondusif, ketiga, Mengembangkan keperibadian masyarakat kota berdasarkan etika dan moralitas keberagaman agama dalam bingkai kebhinnekaan, empat, Mengingat percepatan dan perluasan program penanggulangan kemiskinan, kelima, Menumbuhkembangkan moralitas, kerukunan, solidaritas, persatuan dan kesatuan serta keutuhan social, berdasarkan kebudayaan daerah dan identitas lokal multikulturalisme, enam, Menyelenggarakan tata ruang kota yang konsisten serta didukung oleh ketersediaan infrasruktur dan utilitas kota yang maikn modern dan keberlanjutan, tujuh, Mendorong peningkatan kesenpatan kerja dan pendapatan masyarakat melalui peningkatan tarif pendidikan dan kesehatan masyarakat, delapan, Mengembangkan Medan sebagai Semart City.

Satu tahun terakhir ini Kota Medan telah meraih 9 penghargaan, dan yang terakhir penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.” Ujar Wakil.

Sebelumnya, Hj. Taty Ariyani Tambunan,SH selaku Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan sekaligus  sebagai Ketua rombongan mengatakan kunjungan kerja ini terkait dengan implementasi PAD dalam rangka peningkatan PAD Kota Padangsidimpuan. Diharapkan dari kunjungan ini nantinya akan diproleh informasi yang dapat di manfaatkan oleh Kota Padangsidimpuan.

"Saya mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan imformasi yang di berikan, semoga informasi yang kami proleh nantinya dapat di implementasikan di kota padang sidimpuan demi peningkatan PAD Kota Padangsidimpuan."harap Taty Ariyani.

Kunjungan ini kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan saling bertukar cendramata dan foto bersama. ( Y H 

 
 
 
 

Wali Kota Medan Menyaksikan Pengambilan Gambar Perdana Film Layar Lebar Nagabonar Reborn

Medan (PP)

            Wali Kota Medan Drs. Dzulmi Eldin, S. M.Si akan membantu dalam mempromosikan film layar lebar Naga Bonar Reform dan mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk menonton film tersebut. Hal ini disampaikan Wali Kota saat menyaksikan pengambilan gambar perdana Film Layar Lebar Naga Bonar Reborn di Warung Wani, Jalan Harmonika Pasar III, Kelurahan Tanjung Sari, Medan (23/5). Kegiatan ini merupakan tahap kedua setelah open casting yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Lapangan Merdeka Medan.

             Wali Kota Medan mengatakan bahwa kehadiran film ini diharapkan dapat lebih mengangkat nama Kota Medan ke tingkat nasional mengingat film Naga Bonar ini merupakan salah satu film fenomenal di zamannya.

             “saya berharap film Nagabonar Reborn ini akan sukses bahkan melebihi film Naga Bonar terdahulu, karena peralatan yang digunakan lebih baik dan diarahkan oleh sutradara muda yang berbakat”. Ujar Wali Kota.

             Pemerintah Kota Medan, tambah Wali Kota akan mendukung film ini dikarenakan memang film Naga Bonar sangat melekat dengan warga Kota Medan dan Sumatera Utara, ditambah lagi, pengambilan gambar pada film ini berada di Kota Medan dan Sumut serta banyak pemain pembantu dan figuran yang turut bermain merupakan warga Kota Medan.

              Pada Kesempatan ini, Wali Kota Medan juga melakukan Take perdana tanda dimulainya proses syuting film layar lebar Naga Bonar Reborn. Terlihat antusias masyarakat sekitar sangat tinggi, hal ini dibuktikan lokasi pengambilan gambar dipenuhi oleh warga untuk menyaksikan secara langsung proses syuting.(RF)

Wali Kota Medan Buka Seminar Forum Ekonomi Kementerian Keuangan RI

Medan (PP)

              Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S.M.Si diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir. H.Akhyar Nasution,M.Si secara resmi membuka seminar forum ekonomi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI dengan tema "Penetapan Pengelolaan Fiskal Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan yang Berkeadilan" di Hotel Grand Aston Medan, (3/5).

               Dikatakan Wakil Wali Kota, Pemerintah selalu mengatakan funda mental ekonomi Indonesia dianggap cukup solid dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun tentunya kondisi ekonomi tidak bisa diukur hanya berdasarkan atas asumsi dan opini semata. Harus ada indikator yang jelas dan terukur yang bisa menjadi panduan untuk jadi indikator sehat atau tidak sehatnya kondisi ekonomi tersebut. Namun demikian, lanjut Wakil Wali Kota, kita tetap harus optimis dengan kondisi perekonomian di tanah air. 

               "Momentum pertumbuhan ekonomi di tanah air harus terus dijaga dan di topang resiliensi perekonomian yang kian membaik, dengan stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan yang terkendali, saya yakin ekonomi bangsa ini akan mampu terjaga dengan baik."kata Wakil Wali Kota.

               Oleh karena itu, Wakil Wali Kota berharap forum seminar ini dapat di manfaatkan untuk menggali dan menguatkan berbagai potensi ekonomi di daerah, guna semakin menguatkan ekonomi di Sumatera Utara.

               "Melalui seminar ini saya harap kita dapat menggali potensi dan nilai-nilai kearifan lokal yang terkait dengan ekonomi, sebab hal ini terbukti mampu menjadi kekuatan perekonomian daerah selama ini."harap Wakil Wali Kota.

               Dalam seminar ini juga menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Dr. Adriyanto, Erwin Ginting, Wahyu Ario Utomo dan Bahtaruddin. ( Y H )

 
 
 
 
11 Lampiran

Wakil Walikota Medan Kembali Teribkan Puluhan Reklame Langgar Aturan

Medan (PP)

Pemerintah kota Medan kembali melakukan penertiban reklame yang melanggar aturan pada Rabu (23/5/2018). Penertiban yang dipimpin oleh Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution ini diawali penertiban papan reklame di jalan Gatot Subroto Simpang Capela Medan dengan menurunkan puluhan tim Terpadu, personil TRTB, Dinas Perizinan dan Satpol PP.

Wakil Walikota Medan, Ir.Akyar Nasution,M.Si didampingi Asisten Pemerintahan Drs.Musaddad,M.Si, Kasatpol.PP Drs.M.Sofyan, Sekretaris Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan Drs.Ahmad Basaruddin,M.Si, dan Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol.PP Indra Siregar,SH, mengatakan Penertiban ini dilakukan karena melanggar peraturan daerah tentang pendirian reklame. hampir sepanjang Jalan Gatot Subroto Medan papan reklame yang berdiri tidak mempunyai izin.

“Kita akan terus melakukan penertiban selama masih ada papan reklame dan baliho yang melanggar izin, dan kedepan kita juga akan menertiban reklame yang sifatnya melekat seperti iklan yang terpajang di toko- toko karena reklame melekat itu mengganggu estetika kota Medan” ungkap Akhyar.

Akhyar juga mengatakan setelah Tim Terpadu memberi tanda silang dan penempelan surat peringatan, dalam kurun waktu 3×24 jam pengusaha advertising agar menumbangkan papan reklamenya sendiri namun jika tidak ada respon Pemko Medan akan melakukan penertiban secara paksa.  Sesuai dengan informasi sebelumnya, ada 13 ruas jalan Kota Medan yang masuk dalam zona larangan mendirikan reklame. Dan tabulasi dari pemerintah Kota Medan ada 68 papan reklame, bando atau baleho yang melanggar aturan. Tersebar di wilayah Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia, Medan Maimon dan Medan Petisah.

KasatPol.PP, M.Sopyan mengatakan penertiban ini dilakukan karena papan reklame tersebut didirikan di wilayah yang tidak benar atau menyalahi estetika maupun telah habis masa izinnya dan tidak dapat diperpanjang kembali.

Adapaun pelakasanaan penertiban para tim terpadu ini memberi tanda silang disetiap tiang papan reklame dengan menggunakan cat pilox dan menempelkan surat peringatan yang bertuliskan bahwa papan reklmae tersebut melanggar aturan.”uangkapnya.

Jenis-jenis reklame yang tidak memiliki izin tersebut, reklame spring bed, reklame rokok, reklame promosi HP, Aplikasi HP, Matahari , Susu Sustagen,  makanan Khas Medan, reklame promosi property, Vivotek, reklame promosi Komputer. ( Y H )

 
 
 
 

Wali Kota Medan Berikan Nutrisi Tambahan kepada Lansia dan Penyandang Disabilitas

Medan (PP)

             Wali Kota Medan,  Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si memberikan bantuan nutrisi tambahan kepada lansia dan penyandang disabilitas, Rabu (2/5) di  RSUD Dr. Pirngadi Medan.

              Pemberian bantuan nutrisi tambahan ini dilakukan dalam Bakti Sosial dan Donor Darah berkenaan dengan Perayaan Paskah Nasional Tingkat Provinsi Sumatra Utara. Turut hadir dalam bakti sosial itu, Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, Kadis Kesehatan, drg. Usma Polita, Dirut RSUD Pirngadi, dr. Suryadi Panjaitan,  Ketua Panitia Paskah Provinsi Sumut, Bonar Sirait, Ketua YSKI dr. Anita, para dokter muda, penyandang disabilitas juga para lansia.

               Saat memberikan sambutan Wali Kota menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan bakti sosial yang dihelat RSUD Pirngadi bekerjasama dengan Panitia Paskah Provinsi Sumut ini.

              Wali Kota juga mengungkapkan  rasa harunya, karena pada bakti sosial itu, para penyandang disabilitas juga ikut mendonorkan darahnya.

              Menurutnya, donor darah yang dilakukan penyandang disabilitas ini menunjukkan berbuat kebaikan bisa dilakukan siapa saja. Jangan hanya bisa berbuat baik ketika sedang berkelebihan.

              "Sekecil apa pun kebaikan yang kita berikan dengan keikhlasan, akan berarti bagi orang lain," ujar Wali Kota.

             Kepada dokter-dokter muda yang menghadiri bakti sosial itu, Wali Kota berpesan, agar tetap menjaga idealisme dalam menjalankan tugas-tugasnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

            Memang, lanjut Wali Kota, setiap keahlian yang diperoleh dari pendidikan memerlukan biaya. Tetapi hendaknya, para dokter muda kelak dapat memberikan pengabdian kemanusiaannya dengan cara-cara yang baik dengan penuh tanggung jawab.

             Usai memberikan nutrisi tambahan,  Wali Kota Medan meninjau Instalasi Unit Transfusi Darah, RSUD Dr. Pirngadi Medan yang baru diresmikan pekan lalu. ( Y H )

 
 
 
 
 

Subcategories

 

alt

alt